Tips cegah risiko pascaoperasi bedah plastik

id Operasi Plastik,Estetika tubuh,bedah plastik

Tips cegah risiko pascaoperasi bedah plastik

Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr Hardi Soedjana dalam acara diskusi mengenai risiko dan keamanan dalam bedah plastik estetik yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (26/5/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr Hardi Soedjana memberikan tips kepada masyarakat untuk mencegah risiko terburuk pascaoperasi bedah plastik.

"Pertama pastikan pemeriksaan reoperasi dan laboratorium dilakukan secara benar sehingga diketahui penyakit komorbid yang bisa timbul pascaoperasi," katanya dalam acara diskusi mengenai risiko dan keamanan dalam bedah plastik estetik yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.
 
Kemudian, Hardi melanjutkan, calon pasien harus memilih dokter yang benar dan telah tersertifikasi untuk melakukan bedah plastik estetik agar hasilnya maksimal.
 
Dia menjelaskan bedah plastik estetik berbeda dengan bedah plastik rekonstruksi karena memerlukan keahlian khusus karena semakin sering seorang dokter melakukan operasi bedah plastik estetik maka hasilnya akan semakin maksimal dan mengurangi risiko kegagalan.
 
Kemudian, lanjutnya, pilihlah tempat yang baik dan direkomendasikan, karena di tempat yang baik pasti juga memiliki penerangan dan peralatan yang baik sehingga mendukung proses operasi untuk dijalankan dengan baik dan benar.
 
Masyarakat yang hendak melakukan bedah plastik diimbau tidak melakukannya secara berulang-ulang karena sel jaringan dalam tubuh perlu melakukan adaptasi agar hasil yang didapatkan maksimal.
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter berikan tips cegah risiko pascaoperasi bedah plastik