Target devisa pariwisata 13,08 miliar dolar AS

id pagu indikatif, raker komisi X,kemenparekraf, ANGELA TANOESOEDIBJO,ANGELA ,WAMENPAREKRAF

Target devisa pariwisata 13,08 miliar dolar AS

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2023). Rapat tersebut membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2024. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun 2024 menargetkan kontribusi produk domestic bruto (PDB) pariwisata mencapai 4,5 persen.

“Target kinerja Kemenparekraf Tahun 2024 adalah kontribusi PDB pariwisata sebesar 4,5 persen,” ujar Angela dalam Rapat Kerja dengan Komisi X yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Sementara nilai devisa pariwisata ditargetkan sebesar 7,38 sampai13,08 miliar dolar AS, dan jumlah tenaga kerja pariwisata sebesar 22,08 juta orang.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia diharapkan mencapai 9,5 hingga 14,3 juta kunjungan serta 1,25 sampai 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) turut tercapai.

Kemudian nilai tambah ekraf ditargetkan sebesar Rp1.347 triliun dan nilai ekspor produk ekraf mencapai 27,53 miliar dolar AS.

Target lain yakni jumlah tenaga kerja ekraf tercapai sebesar 22,74 juta orang.

Angela turut menjelaskan strategi yang dilakukan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yakni melalui penguatan rantai pasok dalam ekosistem parekraf.

Selanjutnya peningkatan nilai devisa dan dampak penggandaan pariwisata atau multiplier effect, peningkatan kualitas tenaga kerja pariwisata, peningkatan pasar tradisional serta pembukaan pasar baru dengan kemudahan visa, perizinan dan peningkatan konektivitas

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf targetkan PDB pariwisata 2024 sebesar 4,5 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024