Seni angklung harus dilestarikan

id Angklung Jakarta,Seni Jakarta, Seni dan Budaya Jakarta

Seni angklung harus dilestarikan

Anggota Angklung Gumati Nusantara (AngGuN) usai tampil dalam acara Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) yang dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Jakarta, Rabu (31/5/2023). ANTARA/HO-AngGuN

Jakarta (ANTARA) - Komunitas Angklung Gumati Nusantara (AngGuN) menyatakan komitmennya untuk melestarikan seni angklung di DKI Jakarta seiring derasnya musik modern yang melanda generasi muda saat ini.
 
"Harus diakui di era digital saat ini instrumen musik kian beragam, tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi alat musik tradisional angklung," kata Ketua/ Pendiri AngGuN, Gianti Sastrawinata di Jakarta, Kamis.

Gianti didampingi Kepala Humas Effy Kuswita mengatakan beranggotakan 60 personel 54 diantaranya wanita senantiasa berlatih di Lantai 3 Point Square TB Simatupang, Jakarta Selatan untuk mengasah keterampilan.

Menurut Gianti dengan giat berlatih maka saat penampilan dapat memukau penonton sehingga pada akhirnya banyak yang tertarik untuk mempelajari seni angklung.

Gianti mengatakan penampilan terbaru AngGuN disaksikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta mendapatkan apresiasi setelah membawakan lagu Manuk Dadali pada Rabu (31/5).

Tak hanya itu, Gianti juga mengatakan anggotanya yang sebagian besar sudah lanjut usia (lansia) juga pernah diundang untuk tampil di salah satu stasiun MRT Jakarta ternyata juga mendapat animo luar biasa.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Angklung Gumati Nusantara komitmen lestarikan seni angklung di Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024