Bupati Sleman sebut Program TMMD tingkatkan kesejahteraan masyarakat

id TMMD Sengkuyung Sleman ,Dandim Sleman ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman

Bupati Sleman sebut Program TMMD tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau RTLH milik warga yang telah direnovasi dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 di Kalurahan Lumbungrejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (8/6/2023). (ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan sinergisme antara TNI dan pemerintah daerah dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) perlu dilanjutkan karena mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Diharapkan dengan rampungnya TMMD Sengkuyung Tahap I ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Kalurahan Lumbungrejo dan sekitarnya," kata Kustini pada penutupan program TMMD Sengkuyung di Kalurahan Lumbungrejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis.

Program TMMD Sengkuyung Tahap I, yang dilaksanakan di Kalurahan Lumbungrejo, Kapanewon Tempel, Sleman, telah resmi ditutup, Kamis, oleh Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang.

Pada kesempatan tersebut, Kustini Sri Purnomo juga meninjau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga yang telah direnovasi, sekaligus memberikan kunci secara simbolis kepada pemilik rumah tersebut. Selanjutnya, Kustini meninjau jalan corblok serta talud yang telah selesai dibangun.

"Sinergi yang baik antara TNI dengan pemerintah ini perlu kita lanjutkan dan tingkatkan," kata Kustini.

Sementara itu, Danny Arianto Pardamean Girsang mengatakan seluruh pembangunan infrastruktur dalam TMMD di daerah tersebut telah rampung 100 persen. Dalam program tersebut, telah dilakukan pembangunan jalan desa sepanjang 500 meter dengan lebar tiga meter, pembangunan talud, dan pembangunan dua RTLH.

"Selain pembangunan fisik, ada juga pembangunan non-fisik, yakni penyuluhan pencegahan stunting bekerja sama dengan posyandu dan posbindu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, kejahatan jalanan, dan bullying," katanya.

TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023 dilaksanakan dalam waktu 30 hari sejak 10 Mei 2023. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur, di antaranya TNI, Polri, dan masyarakat setempat.

"Dana yang dihabiskan untuk kegiatan ini sebesar Rp310 juta, terdiri atas APBD (Provinsi) DIY sebesar Rp75 juta, APBD (Kabupaten) Sleman sebesar Rp200 juta, dan Baznas Sleman sebesar Rp35 juta," ujar Danny Arianto.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024