Megawati Soekarnoputri koreksi pemain gamelan Bali

id Megawati Soekarnoputri ,Temu Budaya Jawa-Bali ,Denpasar ,Ganjar Pranowo

Megawati Soekarnoputri koreksi pemain gamelan Bali

Megawati Soekarnoputri koreksi cara para pemain gamelan Bali memainkan alat musik tradisional, usai menghadiri acara Temu Budaya Jawa-Bali Untuk Indonesia di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (16/6/2023). ANTARA/HO-PDIP

Jakarta (ANTARA) -
Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Republik Indonesia yang juga Ketua Umum DPP PDIP unjuk kebolehan mengoreksi cara para pemain gamelan Bali memainkan alat musik tradisional tersebut sehingga lebih bersemangat.

Momen langka itu terjadi saat Megawati menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman Bidang Kesenian antara Jawa Tengah-Bali di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat.
 
Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir untuk menandatangani MoU antara kedua pemprov.
 
Semenjak acara masih berlangsung, Megawati memang kelihatan beberapa kali melirik ke arah para pemain gamelan, jumlahnya belasan anak muda, yang duduk di sebelah kiri Megawati yang menghadap ke panggung.
 
Sejumlah juru kamera dan fotografer mengaku Megawati terlihat berkali-kali mengarahkan kepala dan matanya ke arah kelompok pemusik tersebut.
 
Setelah MoU ditandatangani, dilanjutkan sesi foto bersama, dan diumumkan bahwa acara sudah selesai, Megawati bukannya beranjak meninggalkan ruangan, namun malah berjalan ke arah para pemain gamelan.
 
Megawati lalu meminta mereka memainkan alunan musik tradisional Bali. Kecapi dipetik, seruling ditiup, gendang dipukul, dan gamelan ditabuh dan Megawati memperhatikan cara mereka bermain dan langsung memberi instruksi.
 
Terlihat Megawati meminta pemain gendang agar lebih mengangkat lengannya saat memukul alat musik. Begitupun kepada pemusik perempuan yang memainkan gamelan. Megawati memintanya agar lebih bersemangat dan luwes memainkan tangannya.

"Nah begitu," kata Megawati.
 
Megawati lalu beralih ke peniup seruling. Megawati mengarahkannya agar sambil meniup, ia juga menggerakkan tubuh dan badannya sesuai alunan nada yang dimainkan. Tampak Megawati menirukan gerakan yang ia inginkan untuk ditiru oleh sang peniup seruling.

Namun Megawati tampaknya masih merasa harmoni musik belum sempurna dan penyebabnya adalah seorang pemain gendang yang kebetulan berada di dekat Megawati.
 
"Enggak, enggak begitu," kata Megawati dan minta agar musik dihentikan.
 
Megawati lalu meminta stik pemukul gendang kepada anak muda yang memainkannya. Lalu meminta agar kendang diputar ke arahnya, lalu menunjukkan sendiri bagaimana cara memukul gendang yang baik.
 
"Teng, teng, teng, teng, tek," begitu suara irama nada yang dimainkan oleh Megawati.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Momen Megawati contohkan cara memainkan alat musik tradisional Bali
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024