PPI Hokkaido-KBRI Tokyo gelar riset pangan

id PPI, Hokkaido, KBRI Tokyo, Temu Ilmiah

PPI Hokkaido-KBRI Tokyo gelar riset pangan

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Hokkaido, Jepang, menggandeng Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dalam menggelar pertemuan ilmiah tahunan ke-18 di Hokkaido, Jepang, pada Sabtu, 17 Juni 2023. (ANTARA/HO-KBRI Tokyo)

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Hokkaido, Jepang, menggandeng Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dalam menggelar pertemuan ilmiah tahunan ke-18 pada Sabtu pada 17 Juni 2023  guna mendorong harmonisasi riset pangan terkini dengan pertimbangan ekologi dan sosial, demikian keterangan pers panitia yang diterima ANTARA Jakarta Kamis.

Acara yang dinamakan Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS18) itu dihadiri puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset di Indonesia dan Jepang.

"Konsepnya masih kami tekankan sesuai harapan para pendiri HISAS yaitu mempertemukan para mahasiswa dan pakar yang setelahnya diharapkan dapat menjadi partner studi dan riset”, ujar ketua panitia HISAS18 Hagia Sophia Khairani dalam sambutannya.

Dengan mengangkat tema "Harmonization of Cutting-Edge Food Research with Ecological and Social Considerations", pertemuan ilmiah itu bertujuan mendiskusikan inovasi dan penemuan terkini dalam riset pangan yang juga mempertimbangkan aspek lingkungan dan sosial.

Acara yang berlangsung di Hokkaido University itu dibuka oleh tiga perwakilan dari universitas, yaitu Teruo Sone, Noboru Noguchi dan Maria Stefanie Dwiyanti. Mereka menyambut puluhan peserta HISAS18 dengan menjelaskan perkembangan Hokkaido University sebagai fasilitas studi yang dinilai unggul dalam bidang riset pangan.

Beberapa ilmuwan terkemuka di bidang riset pangan menjadi pembicara dalam acara itu.

Mereka antara lain Teruo Sone dari Hokkaido University, Sintho Wahyuning Ardie dari Fakultas Pertanian IPB, Donald Siahaan dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit, dan Christofora Hanny Wijaya dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB, yang juga koordinator Hokkaido University Indonesia Front Office sekaligus Duta Hokkaido University.

Teruo Sone dalam paparannya menekankan perlunya konsep riset pangan dan penelitian pangan komprehensif dapat menyelesaikan tantangan global dengan memanfaatkan potensi lokal.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PPI Hokkaido gandeng KBRI Tokyo gelar temu ilmiah tahunan