Masakan khas Batak bikin koki Qatar ketagihan

id qatar-indonesia culinary journey ,qatar-indonesia 2023 year of culture ,kuliner batak,kuliner sumut,kuliner qatar

Masakan khas Batak bikin koki Qatar ketagihan

Koki asal Qatar Hassan Abdullah Al Ibrahim (kanan) bersama koki dari Indonesia Muhammad Arsyan Dwianto (kiri) dan pemerhati kuliner Batak Toga Nainggolan menyantap makanan khas Batak di kediaman keluarga Nainggolan, Medan, Senin (26/6/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - Koki asal Qatar Hassan Al Ibrahim, yang dijuluki "The Captain Chef", mengaku takjub dengan masakan khas Batak yang disajikan kepadanya di rumah salah satu tokoh masyarakat Sumatera Utara di Medan, Senin.

"Saya jatuh cinta dengan makanannya. Kemarin saya dibawa ke restoran, rasanya lezat. Namun sekarang jauh lebih enak karena dimasak dengan cinta, seperti disajikan oleh seorang ibu," ujar Hassan kepada ANTARA.

Di rumah kediaman keluarga Nainggolan di Medan, Hassan disuguhkan empat jenis makanan khas Batak yaitu arsik ikan mas, ikan mas na niura, gulai ayam dan susu kerbau (dali ni horbo).

Acara ini menjadi bagian dari perjalanan kuliner Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture di Medan.

Hassan pun menyantap semuanya dengan lahap. Selain itu, juru masak yang juga pilot itu juga mendengarkan dengan serius kisah dan makna di balik masakan yang dimakannya.

Cerita itu dipaparkan oleh pemerhati kuliner Batak Toga Nainggolan. Salah satu yang dijelaskan adalah mengenai pentingnya posisi arsik ikan mas di kebudayaan Batak, yang membuat makanan tersebut ada di nyaris setiap acara adat.

"Itu sangat menarik bagi saya," kata Hassan.

Toga Nainggolan pun bersyukur Hassan bisa datang lalu merasakan langsung makanan khas Batak di Medan.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024