Jamaah haji Indonesia pernah tersesat dapat perhatian khusus

id Haji, jamaah, hilang

Jamaah haji Indonesia pernah tersesat dapat perhatian khusus

Kasi Bimbingan Ibadah Daker Madinah Yendra Alhamidy, di Madinah, Kamis (13/7/2023). ANTARA/HO-MCH 2023

Madinah (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memberikan perhatian khusus kepada para peserta haji Indonesia yang pernah tersesat di Mekkah, saat mereka tengah berada di Madinah.

Kasi Bimbingan Ibadah Daker Madinah Yendra Alhamidy di Madinah, Kamis (13/7) mengatakan hal tersebut sebagai langkah antisipasi agar jamaah tidak kembali terjadi jamaah tersesat atau bahkan hilang.

"Bagi yang sudah terindikasi di Mekkah sering nyasar, pernah hilang, akan menjadi perhatian khusus semua elemen layanan petugas daker, sektor, kloter, semua unsur. Kan di kloter sudah terdeteksi siapa yang pernah nyasar, harus dipantau dan memberikan arahan serta perhatian khusus," kata Yendra.

Tidak hanya mengantisipasi terkait potensi jamaah tersesat, petugas juga terus mengingatkan soal cuaca di Madinah yang semakin hari semakin panas hingga mencapai 48 derajat Celsius dan diperkirakan suhu ke depan akan terus naik. Sementara, jamaah haji 2023 asal Indonesia terus berdatangan ke Madinah dari Mekkah.

Petugas dari layanan bimbingan ibadah, lanjut Yendra, juga terus menyosialisasikan pentingnya jamaah haji lansia dan risiko tinggi untuk tidak memaksakan diri keluar hotel menuju Masjid Nabawi atau berziarah ke berbagai lokasi.

"Informasi yang kami terima, cuaca Madinah diperkirakan semakin naik. Ini tentu menjadi perhatian khusus petugas PPIH Daker Madinah," katanya. 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PPIH berikan perhatian khusus peserta haji yang pernah tersesat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024