Presiden minta tempat karantina khusus penderita TBC

id Menkes Budi Gunadi Sadikin,TBC

Presiden minta tempat karantina khusus penderita TBC

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/7/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk menyiapkan sebuah tempat karantina khusus penderita tuberculosis (TBC) selama dua bulan guna mencegah penularan penyakit tersebut.

“Arahan Presiden coba disiapkan tempat karantina khusus, tetapi kalau bisa dekat dengan masing-masing lokasi di mana terjadi tuberculosis ini. Jadi, selama dua bulan dia tidak menulari keluarganya, dimasukkan ke karantina khusus,” kata Budi usai mengikuti rapat terbatas percepatan eliminasi tuberculosis di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.
 

Dia mengatakan karantina diperlukan karena obat untuk penderita TBC baru bereaksi dalam dua bulan. Menkes mengaku diminta Presiden untuk bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menyiapkan tempat karantina itu.

“Saya disuruh kerja sama dengan PUPR di bawah koordinasi Menko PMK agar TBC tidak menular dan diberikan obat dipastikan dua bulan dia (penderita) minum obat terus,” ujarnya.

Budi juga menyampaikan bahwa akan ada vaksinasi bagi masyarakat untuk mencegah TBC. Dia mengatakan Indonesia sebetulnya sudah memberikan vaksin BCG yang selama ini diberikan kepada anak-anak untuk mencegah TBC, namun efektivitasnya hanya 50 persen.
 

“Vaksin BCG yang kita dulu kecil dikasih itu efektivitasnya rendah sekitar 50 persenan. Sekarang Indonesia sudah berpartisipasi aktif dengan organisasi dunia, sudah ada tiga potensi vaksin baru yang akan segera kita coba datangkan,” kata dia.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkes: Presiden minta tempat karantina khusus penderita TBC
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024