Kebakaran Gunung Bromo padam

id Kebakaran Gunung Bromo, karhutla Bromo, karhutla Bromo padam, BPBD Probolinggo

Kebakaran Gunung Bromo padam

Petugas gabungan melakukan pendinginan karhutla Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Senin (11/9/2023) (ANTARA/HO-BPBD Probolinggo)

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo Oemar Syarief mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Bromo yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur sudah padam.

"Alhamdulillah sudah dilakukan pendinginan dan dipastikan sudah padam, sehingga para personel dan sukarelawan juga sudah turun semua dan kembali ke poskonya masing-masing," katanya saat dihubungi per telepon di Probolinggo, Selasa.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo bersama TNBTS, BPBD Jawa Timur, Tagana, TNI, Polri, dan sukarelawan sudah melaksanakan pemantauan dan pendinginan secara manual di kawasan Gunung Bromo.

"Pendinginan menggunakan gepyok serta penyiraman menggunakan tangki air agar tidak timbul titik api yang baru di wilayah lautan pasir Gunung Bromo," katanya.

Ia mengatakan belasan personel BPBD Probolinggo membantu petugas gabungan dalam memadamkan karhutla di Bukit Teletubbies dan melakukan pemantauan untuk memastikan titik api benar benar padam.

"Karhutla Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Probolinggo sudah clear atau padam, sehingga tenda siaga yang berada di lapangan Sukapura dibongkar," tuturnya.

Ia mengimbau kepada para pengunjung dan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan yang dapat memantik api dan menyebabkan kebakaran saat memasuki puncak El Nino.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD: Karhutla Gunung Bromo di Probolinggo sudah padam
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024