IIBF tingkatkan literasi baca masyarakat

id Ikapi,IIBF,Literasi membaca

IIBF tingkatkan literasi baca masyarakat

Ketua Umum IKAPI Arys Hilman Nugraha (kedua kiri), Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Kim Hyun Koo (kedua kanan) dalam konferensi pers IIBF di Jakarta, Senin (25/9/2023). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menyampaikan pelaksanaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023 diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca di masyarakat.

"Meningkatkan literasi itu dengan pameran. Pameran bukan sekadar membawa buku baru, tapi tempat bertemu dengan ilmu pengetahuan," ujar Ketua Umum IKAPI Arys Hilman Nugraha dalam konferensi pers IIBF di Jakarta, Senin.  

Ia mengemukakan literasi pada dasarnya adalah kemampuan seseorang untuk memahami kondisi, menggunakannya sebagai akses pengetahuan, dan memanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Jadi kalau hanya sampai kemampuan membaca tapi tidak bermanfaat terhadap kehidupannya berarti literasinya belum terbangun," tuturnya.

Ia menambahkan seseorang bisa saja memiliki minat baca tapi terdapat persoalan terhadap akses bahan bacaan maka literasinya juga tidak akan terbangun.

"IIBF diharapkan semakin mendekatkan masyarakat kepada buku. Buku, akses kepada buku, dan pembudayaan kebiasaan membaca adalah kunci bagi kapasitas literasi," katanya.

Menurutnya, tak ada bangsa yang bergerak maju tanpa dibarengi dengan kenaikan indeks literasi. Keduanya berjalin berkelindan karena literasi pada dasarnya merupakan kemampuan manusia untuk menyerap informasi demi peningkatan kualitas diri.

"Semakin literat sebuah bangsa, semakin laju ia dalam kemajuan," ucapnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IKAPI berharap pelaksanaan IIBF tingkatkan literasi membaca masyarakat