Reuni 40 Geo83 UGM menebar semangat memberikan manfaat

id geo83 ugm,reuni

Reuni 40 Geo83 UGM menebar semangat memberikan manfaat

Ketua Angkatan Geo83 UGM Anif Punto Utomo (tengah) bersama Panitia Reuni 40 Geo83 UGM Susidarto (kiri) dan Adi Maryono (kanan) (ANTARA/HO-Geo83 UGM)

Yogyakarta (ANTARA) - Reuni 40 Geo83 Universitas Gadjah Mada (UGM) mengangkat tema menebar semangat memberikan manfaat yang diharapkan dapat memberikan keguyuban, kebersamaan, dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Panitia Reuni 40 Geo83 UGM Adi Maryono mengatakan tema tersebut sengaja dipilih agar menggugah dan mengobarkan semangat memberikan manfaat pada orang lain. 

"Dalam reuni tersebut kita 'guyub' (berkumpul), 'gayeng' (bikin orang senang), dan 'ginanjar' (memberikan manfaat bagi orang lain)," kata Adi di sela puncak acara Reuni 40 Geo83 UGM di Kampus Fakultas Teknik UGM Yogyakarta, Sabtu (30/9) malam.

Ia mengatakan rangkaian reuni itu dapat terlaksana karena kolaborasi dengan pihak di luar Geo83. Selain itu, juga partisipasi teman-teman di tengah kesibukan bekerja dan kegiatan lain, sehingga rangkaian Reuni 40 Geo83 dapat berjalan dengan baik.

"Semua kegiatan dapat terselenggara dengan baik berkat partisipasi teman-teman serta dukungan relasi dan mitra. Alhamdulillah, kerja sama kami diterima dengan baik oleh semua pihak yang kami hubungi dan libatkan," katanya.

Ketua Angkatan Geo83 UGM Anif Punto Utomo menambahkan, alumni Teknik Geologi UGM angkatan tahun 1983 menggelar reuni ke-40. Pada usia 40 tahun ini persahabatan teman-teman yang kini dengan berbagai profesi masih tetap solid.

Menurut dia, Reuni 40 Geo83 UGM dengan tema besar memberikan manfaat bagi orang lain. Filosofi tema Reuni 40 Geo83 UGM tersebut adalah berbagi. Untuk itu, serangkaian aksi sosial menjadi aktivitas utama dalam kegiatan Reuni 40 Geo83 UGM.

Rangkaian kegiatan Reuni 40 Geo83 itu meliputi Geo83 Goes to Campus, Pembuatan Protesa Gigi dan Maksilofasial, Geo83 Fun Run, Silaturahmi ke Dosen Senior, Peluncuran Buku, Pameran Foto, dan Malam Pesta Rakyat.

"Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan sesuatu yang berharga dan bermanfaat, baik bagi masyarakat umum maupun masyarakat kampus.  Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, Geo83 bekerja sama dengan pihak lain sebagai upaya membangun sinergi kebaikan," katanya.

Pihak-pihak yang diajak kerja sama, kata Anif, di antaranya Kageogama, Kakgigama, Alumni FKKMK UGM Angkatan 83, SM IAGI, MGEI, Selow Run, dan Musang Running Team. Pelibatan berbagai pihak ini bertujuan menggalang kolaborasi dan bersinergi untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

Ia menjelaskan, aksi sosial Geo83 Goes to Campus adalah berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa di 15 perguruan tinggi di Indonesia. Bakti sosial kesehatan menyelenggarakan operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pemeriksaan gigi. Geo83 Fun Run berupa lari gembira bersama masyarakat.

Pameran Foto menampilkan foto-foto fenomena alam karya geolog. "Secara tidak langsung kegiatan reuni empat dekade ini akan melibatkan ribuan peserta, mulai dari generasi Z sampai generasi baby boomers," kata Anif.

Pada puncak acara Reuni 40 Geo83 UGM diadakan Malam Pesta Rakyat dimeriahkan penampilan sejumlah grup musik serta peluncuran buku berjudul "Jejak-jejak Bondan Gunawan dan Basuki Hadi Muljono", yang mengisahkan kiprah dua menteri alumni Teknik Geologi UGM.