BP2KY perkuat image WJNC jadi event berkelas dunia

id bp2ky,wjnc

BP2KY perkuat image WJNC jadi event berkelas dunia

Rangkaian acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #8 tahun 2023 (ANTARA/HO-WJNC)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) memperkuat image Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #8 tahun 2023 agar menjadi event berkelas dunia.

Oleh karena itu, BP2KY memperkuat kerja kolaborasinya dengan pemerintah kota melalui gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #8 tahun 2023 yang merupakan puncak acara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-267 Kota Yogyakarta. 

WJNC #8 tahun 2023 mengambil tema Pandawa Mahabisekha yang merupakan sebuah cerita carangan dalam Mahabarata yang diciptakan pada era Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ketua BP2KY Aldi Fadhlil Diyanto di Yogyakarta, Kamis, mengatakan pihaknya akan lebih memperkuat event ini sebagai ajang promosi wisata Kota Yogyakarta kepada dunia dan berusaha concern untuk keberlangsungan WJNC di kemudian hari. Apalagi WJNC telah menjadi bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara.

"Kami juga banyak mendapatkan masukan dari wisatawan mancanegara dan Nusantara kepada BP2KY terhadap penyelenggaraan WJNC tahun lalu, mereka merasa kecewa karena tidak dapat menonton langsung padahal sudah datang khusus jauh-jauh ke Yogyakarta karena padatnya pengunjung," katanya.

Menurut dia, tahun ini BP2KY menyiapkan tribun khusus bagi wisatawan yang ingin melihat pertunjukan WJNC lebih dekat. "Alhamdullillah, respons wisatawan sangat positif dengan inovasi tribun utk menonton WJNC. Harapan saya ini dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya hotel, restoran, UKM, dan kesejahteraan masyarakat kota, dan sudah saatnya WJNC menjadi event berkelas dunia," kata Aldi.

Selain itu, BP2KY juga mengundang media dan Key Opinion Leader utk bisa meliput juga agar memperkuat brand awareness WJNC di tingkat nasional dan internasional.

Event bernama Jogja Famtrip 2023 yang selalu dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan pre-event WJNC tersebut bertujuan untuk memperluas publikasi WJNC melalui berbagai media. Peserta Jogja Famtrip 2023 nantinya tidak hanya akan meliput WJNC sebagai puncak kegiatannya selama di Yogyakarta, tetapi juga mengunjungi destinasi dan atraksi wisata terbaru di Yogyakarta.

"Para peserta yang berjumlah kurang lebih 30 orang dari Indonesia dan luar negeri ini nantinya akan meliput rangkaian acara WJNC pada tanggal 5-8 Oktober 2023 dengan didampingi oleh BP2KY selama pelaksanaan," kata Aldi.