Memberdayakan tenun Indonesia di "Future/Culture"

id Idbyte 2023, tenun, fotografi

Memberdayakan tenun Indonesia di "Future/Culture"

Instalasi Future/Culture kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia oleh perajin dari Perkumpulan Cita Tenun Indonesia (CTI) yang dibentuk dan diabadikan melalui hasil potret Hendra Kusuma dalam pameran instalasi seni IDBYTE Art + Fashion 2023. (ANTARA/H.O CTI)

Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Cita Tenun Indonesia (CTI) bekerja sama dengan fotografer dan creative director Hendra Kusuma menampilkan sebuah artwork bertajuk Future/Culture dalam pameran instalasi seni IDBYTE Art + Fashion 2023.
 
Kolaborasi ini adalah terobosan baru dalam pemberdayaan tenun di luar pakem fungsionalitas yang sudah eksis sebelumnya.
 
“CTI telah berhasil menggubah tenun menjadi pakaian dan furnitur modern, sehingga kini saatnya untuk mengeksplorasi tenun sebagai media karya seni instalasi,” kata Pengurus Cita Tenun Indonesia bidang Marketing Komunikasi Dewi Ivo Rajasa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Cita Tenun Indonesia (CTI) adalah organisasi nirlaba yang mempunyai visi pelestarian kain tenun tangan tradisional (Tenun) Indonesia sebagai warisan budaya yang berharga. Proyek instalasi ini menandai bagian dari perayaan ulang tahun CTI yang ke-15.
 
Future/Culture merupakan sebuah susunan visual yang mengaitkan ranah tradisional dengan perkembangan kreativitas kontemporer dalam proporsi keseimbangan.
 
Instalasi seni ini menggunakan media Tenun perajin CTI di Sumba (Nusa Tenggara Timur), Seraya (Bali), dan Jawa Tengah yang dirangkai sedemikian rupa dengan berbagai obyek dekorasi dan barang-barang terlupakan pada studio Hendra Kusuma.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menikmati tampilan tenun di luar pakem fungsionalitas