Baznas RI bimbing disabilitas membaca Al Quran

id disabilitas,tunarungu,tunanetra,baznas ri,baznas,al quran

Baznas RI bimbing disabilitas membaca Al Quran

Deputi Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Muhammad Imdadun Rahmat memberikan keterangan pers setelah menghadiri Rakornas LAZ 2023 di Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta, Rabu (15/11/2023). ANTARA/Cahya Sari.

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menganggarkan dana Rp15 miliar untuk membantu membimbing para disabilitas tunarungu dan tunanetra bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar.

“Kami sudah melakukan kick off dengan sejumlah mitra pada tiga bulan lalu, sudah membangun kesepakatan untuk dimulai dengan TOT yakni training of trainers bagi para tenaga-tenaga pendamping,” kata Deputi Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Muhammad Imdadun Rahmat di Jakarta, Rabu.

Untuk tahap awal, Baznas RI melatih 3.000 pengajar atau tenaga pendamping untuk melatih para tunanetra maupun tunarungu yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ribuan pendamping tersebut, kata dia, akan diberikan pelatihan terlebih dahulu dalam waktu dekat atau sebelum 2023 berakhir. Dengan demikian, pada awal 2024 diharapkan para penyandang disabilitas sudah mulai belajar.

“Itu sudah ada metode baru yang bisa efektif untuk orang tunarungu dan tunanetra melafalkan dan membaca Al Quran, nah lembaga penemu metode ini menjadi mitra utama kami,” ujarnya.

Pada tahap awal pembelajaran baca Al Quran, Baznas RI menargetkan 60.000 tunarungu dan tunanetra bisa dibimbing, dengan masa belajar selama satu tahun.

“Masing-masing dari 3.000 pendamping ini kami targetkan bisa mempunyai murid satu kelas 20 orang, cukup signifikan ya,” ucapnya.

Dia menjelaskan pendampingan akan terus dilakukan secara masif agar bisa menjangkau seluruh tunanetra yang jumlahnya mencapai lima juta orang, sedangkan tunarungu dua juta orang.

“Itu yang mau kami biayai terus dan dampingi secara masif,” kata Imdadun.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas RI anggarkan Rp15 miliar bimbing disabilitas baca Al Quran