RI tampilkan "Borobudur"-wastra di Paris

id edward hutabarat,wastra indonesia,pameran wastra indonesia,selimut nusantara,borobudur,L'Indonsie au Carrousel du Louvr

RI tampilkan "Borobudur"-wastra di Paris

Dua model mengenakan wastra karya desainer Edward Hutabarat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (ANTARA/HO/Edward Hutabarat)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Best of Indonesia, dan desainer Edward Hutabarat menggelar pameran fotografi “Borobudur” dan koleksi wastra Indonesia “Selimut Nusantara” di area Museum Louvre, Paris, Perancis, mulai 28 November 2023 hingga 8 Januari 2024.

“Ini adalah suatu kebanggaan untuk Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid pada jumpa pers di Jakarta, Kamis.

“Borobudur” merupakan pameran fotografi Candi Borobudur, sementara “Selimut Nusantara” adalah koleksi wastra tenun dari berbagai daerah seperti Sumba, Timor, Bali, Sumbawa, Ulos dari Samosir, hingga Songket dari Sumatera. Seluruhnya merupakan karya dari seniman adi busana Indonesia Edward Hutabarat.

Tertuang dalam program “L'Indonésie au Carrousel du Louvre”, gelaran tersebut merupakan kolaborasi Kemendikbudristek bersama Edward, dan perusahaan media promosi digital global dengan misi untuk meningkatkan visibilitas jenama dan talenta terbaik Indonesia yang berbasis di Prancis, Best of Indonesia.

Kegiatan ini juga didukung langsung oleh Komite Kegiatan Budaya Paris 1 (Comité d’animation Culturel le Paris 1).

“Wastra adalah salah satu kekayaan Indonesia, dan ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Eropa, dengan cara yang bergengsi, sesuai dengan upaya pemerintah untuk membangun citra Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya,” kata Hilmar.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia pamerkan "Borobudur" dan wastra lokal di Louvre Paris

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024