BNPP-ANRI dirikan galeri arsip di PLBN Skouw

id Badan Nasional Pengelola Perbatasan, PLBN Skouw, Jayapura, Papua

BNPP-ANRI dirikan galeri arsip di PLBN Skouw

Pos Lintas Batas Negara Skouw, kampung Mosso, kec Muara Tami, Jayapura, Papua pada Kamis (16/11/2023). ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

Jayapura (ANTARA) - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang dikepalai Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ciptakan terobosan baru di kawasan perbatasan negara, yaitu pembangunan Galeri Arsip Perbatasan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, yang berbatasan dengan Papua Nugini.

"BNPP bekerja sama dengan ANRI melakukan inovasi dengan membangun Galeri Arsip Perbatasan di dalam gedung Zona Inti PLBN Skouw Papua," ungkap Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris BNPP, Robert Simbolon dalam keterangannya yang diterima di Jayapura,  Jumat. 

Robert melanjutkan, kerja sama pembangunan galeri ini telah digagas lama oleh Kepala ANRI dan didukung penuh oleh Kepala BNPP, Tito Karnavian.

Pejabat Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP itu mengungkapkan bahwa acara peluncuran galeri arsip perbatasan akan dilaksanakan Jumat, 17 November 2023 di PLBN Skouw Papua.

Robert menjelaskan, bahwa arsip perbatasan sendiri merupakan jenis arsip terjaga yang berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, keamanan, dan keselamatannya.

BNPP selaku pencipta arsip berkewajiban untuk memelihara, melindungi dan menyelamatkan arsip yang termasuk kategori arsip terjaga.

"Galeri arsip perbatasan ini merupakan upaya melestarikan arsip-arsip terjaga yang dimiliki bangsa Indonesia agar dapat dikelola dengan baik," ujarnya.

Robert berharap, disamping berfungsi sebagai penyimpanan arsip, galeri ini juga menjadi sarana informasi, edukasi, hiburan dan membangun perilaku masyarakat yang sadar akan arti penting arsip.

"Nantinya, para pelintas batas dapat singgah sebentar, sambil menunggu proses pemeriksaan dan pelayanan imigrasi misalnya, untuk mengunjungi galeri arsip perbatasan ini," tutur Robert.

Deputi Bidang Konservarsi Arsip ANRI, Kandar mengungkapkan pemilihan lokasi PLBN Skouw sebagai kali pertama pembangunan Galeri Arsip Perbatasan adalah karena letaknya di Provinsi Papua, salah satu di kawasan timur Indonesia yang mendapat perhatian penuh dalam percepatan pembangunan oleh Pemerintah Indonesia.

"Siapa tak kenal Papua, sebuah wilayah paling timur Indonesia. Papua juga merupakan salah satu lintas batas negara, yaitu antara Indonesia dan Papua Nugini," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPP dan ANRI buat inovasi dengan bangun galeri arsip di PLBN Skouw
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024