Super Tucano sementara di-"grounded"

id pesawat Super Tucano,Super Tucano grounded,Skadron Udara 21,Kadispenau Agung Sasongkojati,TNI AU,TNI Angkatan Udara,pesa

Super Tucano sementara di-"grounded"

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati memberi keterangan kepada wartawan terkait jatuhnya dua pesawat tempur EMB-314 Super Tucano di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (17/11/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Udara tidak menerbangkan untuk sementara waktu (grounded) seluruh pesawat tempur EMB-314 Super Tucano-nya sampai ada kepastian tidak ada malfungsi mesin pesawat dari hasil penyelidikan awal dua pesawat serupa yang jatuh di Pasuruan.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menjelaskan jika temuan awal investigasi itu menunjukkan pesawat jatuh bukan karena technical failure (kesalahan teknis mesin pesawat), maka pesawat tempur Super Tucano di Skadron Udara 21 Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Jawa Timur, kembali beroperasi seperti biasa.

“Ke depannya, mengenai pesawat Super Tucano, tentu pesawat sementara tidak diterbangkan sampai data awal apakah ada hal teknis terkait dari kecelakaan itu, bila tidak karena (kesalahan) teknis, maka tentu akan diterbangkan lagi,” kata Kadispenau menjawab pertanyaan ANTARA saat jumpa pers di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat.

TNI AU menerima secara bertahap 16 unit EMB-314 Super Tucano sejak 2012. Seluruh unit Super Tucano TNI AU ditempatkan di Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh.

Dua pesawat EMB-314 TNI AU yang jatuh, yaitu unit dengan nomor registrasi TT-3103 memperkuat Skadron Udara 21 sejak 2 Februari 2012, sementara unit bernomor TT-3111 sejak 23 November 2015.

“Kedua pesawat ini dalam kondisi yang layak terbang dan usia pakai yang relatif muda yakni 11 tahun dan 8 tahun. Berbagai misi operasi dan latihan telah dilaksanakan oleh pesawat tempur kebanggaan TNI Angkatan Udara,” demikian siaran resmi TNI AU.

Terkait kondisi pesawat Super Tucano TNI AU, Kadispenau menilai pesawat tempur taktis itu masih dalam keadaan sempurna.

“Pesawat ini masih berjalan sempurna layaknya pesawat yang baru, tidak ada penurunan kemampuan dari pesawat ini sampai saat ini di Skadron. Saya sudah bertanya kepada pilotnya, dan (mereka) menyatakan tidak ada satu pun penurunan yang signifikan daripada kemampuan pesawat dalam dioperasikan,” kata Agung Sasongkojati.

Dia melanjutkan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano TNI AU masih dalam kesiapan tempur yang tinggi.

“Pesawat cukup baik dirawat, suku cadangnya cukup baik sehingga tidak ada masalah. Pesawat ini handal, mumpuni, dan diandalkan pada setiap misi,” kata Agung.

Pesawat EMB-314 Super Tucano merupakan pesawat latih lanjut yang berkemampuan COIN (counter-insurgency) atau pesawat anti-perang gerilya. Pesawat buatan Embraer Brazil itu diperkuat mesin Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turboprop yang dapat terbang dengan kecepatan maksimum 590 kilometer per jam dan terbang sampai ketinggian 35.000 kaki. Super Tucano juga sanggup menahan gaya gravitasi maksimum hingga +7g dan -3.5g.

Kadispenau menyampaikan saat ini tim investigasi dari Pusat Kelaikan dan Keselamatan Terbang Kerja TNI AU (Puslaiklambangjaau) masih menyelidiki sebab jatuhnya pesawat. Tim investigasi itu juga dibantu oleh Skadron Teknik (Skatek) Lanud Abdulrachman Saleh.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Super Tucano di-"grounded" sampai dipastikan tidak ada malfungsi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024