Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah dan Aisyiyah gelar aksi selamatkan semesta

id madrasah mu'allimaat,aisyiyah

Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah dan Aisyiyah gelar aksi selamatkan semesta

Pencanangan aksi selamatkan semesta di Alun-Alun Selatan Yogyakarta, Sabtu (18/11/2023). (ANTARA/HO-MMMY)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.500 santri Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta bersama Pimpinan Pusat Aisyiyah menggelar aksi selamatkan semesta, di Alun-Alun Selatan Yogyakarta, Sabtu.

Kegiatan berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini merupakan salah satu dari serangkaian agenda Milad Ke-111 Muhammadiyah dan Milad Ke-105 Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

"Tema dari agenda ini adalah Ikhtiar Menyelamatkan Semesta Menuju Green Pesantren Perempuan Aisyiyah," kata Direktur Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Unik Rasyidah MPd.

Kegiatan ini memiliki beberapa maksud dan tujuan, yakni menguatkan gerakan pelestarian lingkungan Aisyiyah kepada masyarakat umum; menguatkan kolaborasi 'Aisyiyah dengan generasi muda dalam mencintai dan melestarikan lingkungan.

Selanjutnya, sebagai bagian dari syiar dan dakwah Aisyiyah dan Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah dalam bidang kesehatan dan lingkungan; meningkatkan semangat bagi para santriwati, ustadz/ustadzah dan masyarakat untuk hidup sehat dan peduli lingkungan; dan mewujudkan kesadaran bagi warga madrasah ataupun masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan sekitar.

Ia mengatakan Keputusan Muktamar Ke-48 Aisyiyah ke 48 di Surakarta salah satunya menghasilkan komitmen perempuan berkemajuan serta Risalah Perempuan Berkemajuan. Dalam komitmen perempuan berkemajuan terdapat 10 komitmen, salah satunya adalah pelestarian lingkungan.

Pelestarian lingkungan yang dimaksud adalah perempuan berkontribusi dengan menjaga bumi melakukan penghijauan untuk pelestarian lingkungan dan menjaga udara dan suhu bumi menjadi lebih baik.

Melalui kegiatan ini, terdapat beberapa agenda yang turut menyukseskan komitmen kader Aisyiyah dalam aksi pelestarian lingkungan. Rangkaian agenda yang dilakukan antara lain Deklarasi Pesantren Perempuan Peduli Lingkungan, Senam Muhammadiyah Senam Aisyiyah Bahagia, Senam Bugar Muhammadiyah, dan Bersih Ibu Bumi.

"Deklarasi ini sebagai komitmen Aisyiyah dan santriwati Mu'allimaat untuk peduli dan menjaga lingkungan, Bersih Ibu Bumi merupakan gerakan membersihkan bumi/lingkungan untuk memberikan nilai pendidikan kepada santri dan masyarakat bahwa bumi ini sangat perlu kita rawat dengan sebaik-sebaiknya," kata Unik Rasyidah.