Dukung "Sail Teluk Cenderawasih 2023, BNPB operasikan TMC

id Bnpb, sail teluk cendrawasih

Dukung "Sail Teluk Cenderawasih 2023,  BNPB operasikan TMC

Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Agus Riyanto (menggunakan rompi hijau) melakukan pemantauan secara langsung ke Posko TMC di Baseops Lanud Manuha, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengoperasikan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Kabupaten Biak Numfor yang menjadi lokasi puncak acara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023.

STC sendiri digelar di beberapa wilayah Provinsi Papua mulai 21 hingga 27 November 2023.

“TMC dilakukan dari BNPB, BMKG, BRIN, TNI AU dan unsur lainnya. Tadi kita telah melakukan pengecekan dan rapat koordinasi bersama sebagai persiapan dukungan pelaksanaan STC 2023,” ujar Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Agus Riyanto dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Selasa (22/11) malam.

Agus memastikan operasi berjalan lancar dengan pemantauan secara langsung ke Posko TMC di Baseops Lanud Manuha.

Operasi TMC akan dilakukan selama empat hari yaitu pada 21 hingga 24 November 2023, dengan rincian hari pertama dilakukan dua sorti, hari kedua dan ketiga terbang dengan empat kali sorti, serta hari keempat sebanyak dua sorti. Adapun dalam satu sorti ditebar satu ton garam, sehingga total sebanyak dua belas ton garam akan ditumpahkan di langit Biak Numfor.

“Kami menyiapkan armada pesawat Cessna 208 Caravan dan material 12 ton garam dalam pelaksanaan TMC untuk mereduksi curah hujan yang tinggi atau menggeser hujan. Semoga dengan adanya TMC, pada acara puncak STC nanti diharapkan cuaca kondusif sehingga pelaksanaannya berjalan lancar,” lanjutnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB operasikan TMC dukung perhelatan Sail Teluk Cendrawasih 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024