Jamu bisa sembuhkan penyakit tertentu

id manfaat jamu,obat herbal,fitofarmaka

Jamu bisa sembuhkan penyakit tertentu

Arsip Foto - Pekerja menimbang bahan jamu kering sebelum dikemas di industri rumahan jamu di Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (8/1/2024). (ANTARA FOTO/Siswowidodo/YU)

Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menyampaikan bahwa jamu dapat diandalkan untuk penyembuhan penyakit tertentu.

"Sebetulnya penyakit seperti batuk, pilek, selesma, dan influenza ringan bisa diobati dengan jamu tanpa obat konvensional," kata Ketua Umum PDPOTJI Inggrid Tania dalam diskusi via daring mengenai jamu yang diikuti dari Jakarta, Rabu.

"Karena penyakit yang ringan begitu kan memang self limited disease atau bisa sembuh sendiri, tapi kita bisa membantu untuk mempercepat kesembuhan dengan jamu," katanya.

Inggrid mengatakan bahwa jenis jamu segar seperti beras kencur, jahe, dan kunyit asam dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek.

Sedangkan untuk penanganan penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi, menurut dia, fitofarmaka dapat digunakan untuk mendukung pengobatan.

Fitofarmaka merupakan sediaan obat berbahan alam atau obat tradisional yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik serta bahan baku dan produk jadinya telah distandardisasi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PDPOTJI: Jamu dapat diandalkan untuk penyembuhan penyakit tertentu