Masyarakat Jepang terpesona Tari Pelgongan Rajapatni, Bali-Majapahit

id Bali,tari Bali,Majapahit,warga Jepang,KBRI Tokyo,budaya Indoensia

Masyarakat Jepang terpesona Tari Pelgongan Rajapatni, Bali-Majapahit

Penari menampilkan Tari Palegongan Rapatni di KBRI Tokyo, Kamis (1/2/2024). (KBRI Tokyo)

Tokyo (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bersama Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) menggelar Pergelaran seni budaya dan lokakarya Tari Palegongan Rajapatni yang bertujuan memperkenalkan budaya nusantara, khususnya Bali dan Majapahit ke masyarakat Jepang.

“Kegiatan ini dimaksud untuk memperkenalkan budaya nusantara khususnya Bali dan Majapahit kepada masyarakat Jepang,” kata Ketua Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) Dr.Catrini Pratihari Kubontubuh, di Tokyo, Jumat.

Acara yang tertajuk “Palegongan Rajapatni Balinese Dance Performance from traces of Majapahit” itu turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Sosial dan Ilmu Pengetahuan Universitas Waseda Profesor Osamu Soda, Asisten Profesor Universitas Waseda Dr. Riela Provi Drianda, Pimpinan Delegasi Twente University Pasha Zadeh Monajjemi dan istri Duta Besar Mesir untuk Jepang Madame Hanan Abubakar serta didukung oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kanto, Jepang.

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam sambutan pembuka menjelaskan pergelaran tersebut menjadi jembatan efektif mengenalkan ragam seni, budaya dan sejarah Indonesia kepada masyarakat Jepang.

“Melalui kegiatan ini, kita dapat semakin memahami nilai-nilai, tradisi, dan sejarah Indonesia. Para ahli tari yang berpengalaman dari BPPI berbagi ilmu dalam Workshop Tari Palegongan Rajapatni. Para seniman ini yang menjadi salah satu pilar kebudayaan Indonesia dan perlu kita apresiasi. Ini adalah salah satu bagian dari upaya promosi seni, budaya, dan sejarah Indonesia dari KBRI Tokyo,” ujarnya.

Para tamu undangan yang mayoritas warga Jepang tampak antusias mengikuti rangkaian acara yang diawali dengan penampilan Tari Tenun dan Tari Palegongan Rajapatni.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tari Pelgongan Rajapatni kenalkan Bali-Majapahit ke warga Jepang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024