Presiden Jokowi: JKN-KIS bisa dimanfaatkan berbagai penyakit

id Presiden Joko Widodo,jkn-kis, jkn, kis, bpjs

Presiden Jokowi: JKN-KIS bisa dimanfaatkan berbagai penyakit

Presiden Joko Widodo dalam acara silaturahmi bersama peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di GOR Asber Nasution, Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024). ANTARA/HO-BPMI Setpres

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memastikan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat dimanfaatkan dalam penanganan beragam jenis penyakit, termasuk sakit jantung dan cuci darah.

Hal itu disampaikan Presiden saat bersilaturahim dengan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di GOR Asber Nasution, Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, Rabu, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

"Kita patut bersyukur ada Kartu Indonesia Sehat, BPJS, tapi pengin-nya kita juga sehat semuanya benar? Coba yang pernah menggunakan kartu ini untuk sakit jantung? Ada yang untuk cuci darah? Ada? Nggih, tidak dipungut biaya ya? Karena memang dari APBN kita telah menyiapkan Rp46 triliun," ujar Presiden.

Presiden pada kesempatan tersebut juga memastikan bahwa anggaran pemerintah sebesar Rp46 triliun untuk kesehatan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.

"Saya itu ngecek benar atau enggak karena anggaran gede yang digelontorkan oleh pemerintah betul-betul diterima oleh masyarakat. Bayangkan kalau kita sakit jantung tidak ada ini (KIS) bayar-nya bisa puluhan, ratusan juta, apalagi dibawa ke Jakarta bisa ratusan juta," tutur Presiden.



Farida Nasution, salah seorang warga asal Tebing Tinggi, mengaku sudah merasakan langsung manfaat KIS. Saat berdialog bersama Presiden, Farida mengungkapkan pengalamannya dioperasi secara gratis karena menggunakan fasilitas KIS.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: JKN-KIS dapat dimanfaatkan untuk beragam jenis penyakit
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024