Ahli Gizi: Tak perlu diet macam-macam untuk dapat tubuh ideal

id tubuh ideal,gaya hidup sehat,diet sehat,ahli gizi,olahraga teratur,Tan Shot Yen,isi piringku,kementerian kesehatan

Ahli Gizi: Tak perlu diet macam-macam untuk dapat tubuh ideal

Panduan Isi Piringku. (ANTARA/HO/Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Ahli gizi masyarakat Dr Tan Shot Yen mengatakan tidak perlu diet yang macam-macam agar mendapatkan tubuh yang ideal, cukup dengan makan tiga kali sehari dengan porsi sesuai serta kualitas yang baik.

"Misal nih, sarapan jam berapa? Setengah tujuh, sebelum berangkat kantor jam 6. Ya, bangun pagi sarapan ya kan. Kemudian anda makan siang nih, teratur ya. Jam 12, jam 1. Lalu kemudian makan malam, habis Shalat Maghrib dan dari maghrib tidak makan lagi sampai besok pagi, itu bukannya intermittent fasting?" ujarnya pada siniar "Kemencast #63 - Gizi Tepat Berdasarkan Usia" di Jakarta, Kamis. 

Intermittent fasting merupakan puasa selama beberapa kurun waktu tertentu, seperti 12 hingga 16 jam, yang dipopulerkan dari luar negeri. 

Menurutnya, seseorang perlu mengetahui apa yang tubuhnya butuhkan. Yang kerap menjadi masalah, lanjutnya, adalah kebiasaan jajan. Bahkan banyak anak yang lebih mengutamakan jajan ketimbang makan makanan utama.

Adapun yang tubuh butuhkan, kata dia, dapat dilihat dari konsep Isi Piringku yang diinisiasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam konsep itu  menggambarkan 50 persen  porsi makanan seseorang terdiri dari sayur dan buah-buahan, kemudian 50 persen sisanya adalah karbohidrat dan protein.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahli Gizi: Tak perlu diet macam-macam untuk dapat tubuh ideal
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024