Muhammadiyah "launching" buku "Jalan Baru Moderasi Beragama"

id PP Muhammadiyah,Haedar Nashir ,Buku Haedar Nashir ,Moderasi beragama ,Jokowi ,Jusuf Kalla

Muhammadiyah "launching" buku "Jalan Baru Moderasi Beragama"

Konferensi pers peluncuran buku “Jalan Baru Moderasi Beragama: Mensyukuri 66 Tahun Haedar Nashir” di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA/Lifia Mawaddah Putri.

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkan buku berjudul “Jalan Baru Moderasi Beragama: Mensyukuri 66 Tahun Haedar Nashir” di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, pada Senin malam.

Ketua Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategi (LKKS) PP Muhammadiyah, Fajar Riza Ul Haq menjelaskan, buku tersebut berisi tentang peran aktif Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam menjaga agar organisasi menjadi kelompok yang tidak partisan dalam Pilpres 2024 supaya masyarakat tidak terbelah meski berbeda-beda pilihan.

“Di dalam pemikiran Pak Haedar, makna dan semangat moderasi beragama tak hanya berimplikasi pada kehidupan keagamaan. Toleran, inklusif, terbuka, menghargai perbedaan," kata Fajar saat dijumpai di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Lebih dari itu, semangat moderasi yang ditawarkan oleh Haedar adalah menjaga keseimbangan pada posisi di tengah.

Fajar mengatakan, semangat dasar itulah yang memotivasi PP Muhammadiyah untuk membuat satu buku yang berisi rumusan tentang hal tersebut bertepatan dengan momentum merayakan 66 tahun Haedar Nashir.

Pada acara peluncuran buku tersebut, Presiden Joko Widodo juga turut memberikan ucapan selamat melalui sebuah video. Dalam video tersebut, Jokowi menyampaikan semangat moderasi dengan berpijak pada pencarian solusi jalan tengah sangat dibutuhkan Indonesia yang majemuk.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PP Muhammadiyah luncurkan buku "Jalan Baru Moderasi Beragama"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024