Perpustakaan sediakan buku langka usia di atas 50 tahun

id Perpustakaan Kalsel, Perpustakaan Palnam, Koleksi buku langka di Kalsel

Perpustakaan sediakan buku langka usia di atas 50 tahun

Kabid Pengelolaan Koleksi Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalsel, Muhammad Hanafi memperlihatkan salah satu koleksi buku langka yang usianya sudah di atas 50 tahun di Banjarmasin, Selasa (5/3/2024). (ANTARA/HO-MC Kalsel)

Banjarmasin (ANTARA) -
Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan atau Perpustakaan Palnam di Kota Banjarmasin menyediakan koleksi berupa buku-buku langka yang usianya di atas 50 tahun untuk dibaca masyarakat.
 
Kabid Pengelolaan Koleksi Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalsel Muhammad Hanafi di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan buku-buku itu tersimpan dengan baik dan bisa dibaca masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan.
 
Konten lokal yang masuk koleksi langka di Perpustakaan Palnam, ujar dia, antara lain Al Quran terjemahan bahasa Banjar, sejarah Banjar yang ditulis setelah kemerdekaan.
 
Selain itu, Kitab Sabilal Muhtadin yang ditulis oleh Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, ulama terkemuka di tanah Banjar yang lahir pada 17 Maret 1710 dan wafat pada 13 Oktober 1812.
 
"Banyak lagi buku lainnya yang dinilai langka," katanya.
 
Dia mengatakan definisi koleksi langka tersebut merupakan buku-buku yang berumur lebih dari 50 tahun dan bermuatan sejarah, budaya, dan lainnya yang dianggap penting bagi daerah.