Jokowi tinjau smelter alumina

id presiden joko widodo,jokowi,smelter alumina di mempawah kalbar,jokowi smelter

Jokowi tinjau smelter alumina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (20/3/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menegaskan pentingnya pembangunan smelter untuk bauksit, yang merupakan langkah lanjutan setelah nikel dalam agenda besar hilirisasi Indonesia.

"Kita masuk ke bauksit, di sini yang bauksit karena biji bauksit yang paling banyak itu memang berada di Provinsi Kalimantan Barat," ujar Jokowi ketika menyampaikan keterangan pers usai peninjauan, seperti disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor alumina.

Dia menyebut bahwa nantinya alumina yang diproduksi di SGAR akan dikirim ke Kuala Tanjung untuk diolah menjadi aluminium.

"Saya kira ini akan menjadi substitusi impor, sehingga devisa kita tidak keluar, bisa menyimpan devisa lebih banyak lagi," katanya.

Presiden pun berharap proyek SGAR dapat selesai pada Juni 2024 mendatang dan akan beroperasi penuh pada awal 2025.

Ia kemudian memaparkan visi integrasi industri ini dengan sektor lainnya, seperti pembuatan komponen kendaraan listrik (EV), yang akan melibatkan bahan baku nikel dan tembaga.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi meninjau smelter alumina di Mempawah Kalbar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024