Dongkrak kepercayaan wisatawan, OTA terdaftar PSE

id Pengamat pariwisata,Sari Lenggogeni,online travel agency,penyelenggara sistem elektronik,Turis,Pariwisata

Dongkrak kepercayaan wisatawan,  OTA terdaftar PSE

Akademisi Universitas Andalas (Unand) Padang Dr Sari Lenggogeni. (Antara/ IJTI Sumbar)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat pariwisata Sari Lenggogeni menilai online travel agency (OTA) yang telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dapat meningkatkan kepercayaan turis untuk menggunakan layanan wisata yang disediakan oleh platform tersebut.

"Ini sangat penting sekali untuk melakukan pendaftaran atau legitimasi dalam memberikan trust atau restoring tourist confidence ya, memperkuat keyakinan turis dan kepercayaan turis dalam memilih service yang ada pada online travel agency," kata Sari saat dihubungi ANTARA, Kamis.

Menurut Direktur Pusat Studi Pariwisata Universitas Andalas itu, kepercayaan turis menjadi hal yang penting bagi OTA mengingat tren pariwisata dalam 10 sampai 5 tahun terakhir menunjukkan turis cenderung memanfaatkan OTA untuk memesan layanan pariwisata mulai dari akomodasi hingga tiket perjalanan.



Sehingga apabila OTA belum terdaftar sebagai PSE, berpotensi dapat menurunkan kepercayaan turis untuk memilih layanan dari OTA tersebut.

Selain legitimasi dari status sebagai PSE, Sari menyebutkan beberapa faktor yang mendorong turis untuk memilih layanan pariwisata dari OTA tertentu di antaranya harga atau diskon yang ditawarkan dan ulasan dari konsumen lain.

"Karena sekarang ini tren adalah review-based, konsumen yang apapun mereka putuskan itu berbasis dari apa yang disampaikan oleh orang lain, komentar, review, rating, bintang, dan sebagainya," ujar Sari.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: OTA yang terdaftar PSE dapat meningkatkan kepercayaan turis
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024