Tren libur Lebaran 2024, didominasi perjalanan wisata darat

id Perjalanan wisata,Tren wisata,Lebaran 2024,Okupansi hotel,Sari Lenggogeni,wisata darat

Tren libur Lebaran 2024, didominasi perjalanan wisata darat

Foto Arsip - Wisatawan melihat zebra saat mengunjungi Solo Safari di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/12/2023). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan 9,5-14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2024 dengan konsep pariwisata hijau, selain juga sebanyak 1,25 miliar perjalanan dan 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara. ANTARAFOTO/Maulana Surya/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pengamat pariwisata Sari Lenggogeni memprediksi perjalanan wisata jarak jauh melalui jalur darat atau road trip tourism menjadi tren kegiatan wisata yang paling banyak dilakukan masyarakat pada periode libur Lebaran 2024.

"Nah ini masih sama ya trennya, paling sedikit berubah saja, dari tahun pasca-COVID-19. Pertama road trip tourism atau perjalanan darat ya. Hanya saja kita di Indonesia ini masih berbeda karakternya dengan negara lain, seperti di Australia yang punya caravan dan segala macam," kata Sari saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Menurut Sari, perjalanan wisata jalur darat saat ini semakin dipermudah dengan dibukanya sejumlah ruas jalan tol baru yang menghubungkan wilayah-wilayah di Indonesia.

Selain itu, tren kegiatan wisata yang ramai dilakukan pada libur Lebaran 2024 adalah wisata kuliner yang didorong oleh keragaman kuliner di Indonesia.

"Kuliner itu selalu jadi preferensi nomor dua terbesar apalagi Indonesia sangat kaya akan makanan khasnya ya, itu pasti dicari. Makanya nanti biasanya akan berkembang itu supply chain dari restoran, kafe, segala macam," ujar Direktur Pusat Studi Pariwisata Universitas Andalas itu pula.

Sari juga menyebut kegiatan rekreasi yang menyatu dengan alam juga menjadi salah satu preferensi perjalanan wisata yang dilakukan turis pada periode libur Lebaran 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat prediksi perjalanan wisata darat jadi tren libur Lebaran 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024