Danone Indonesia dan MPM PP Muhammadiyah serahkan Kado Ramadhan kepada kelompok rentan

id danone,mpm muhammadiyah

Danone Indonesia dan MPM PP Muhammadiyah serahkan Kado Ramadhan kepada kelompok rentan

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo menyerahkan Kado Ramadhan kepada perwakilan kelompok rentan di Yogyakarta (ANTARA/HO-Danone)

Yogyakarta (ANTARA) - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM)  PP Muhammadiyah Yogyakarta melangsungkan "Sarasehan Pengolahan Makanan dan Minuman Bergizi" sekaligus buka bersama dengan kelompok rentan di Yogyakarta, Minggu.

Tujuan sarasehan ini adalah sebagai wadah berkumpulnya semua dampingan MPM PP Muhammadiyah sekaligus pembekalan atau edukasi atau sharing tentang pengembangan UMKM.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nurul Yamin bersama Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo dan Direktur Program LazisMU PP Muhammadiyah Ardi Luthfi Kautsar.

Peserta kegiatan berasal dari ragam latar belakang, di antaranya pelaku UMKM, pedagang asongan, komunitas disabilitas, kelompok petani, nelayan, dan komunitas pemulung yang ada di Yogyakarta.

Nurul Yamin mengatakan bahwa Kado Ramadhan ini diserahkan kepada kelompok rentan yang menjadi dampingan MPM PP Muhammadiyah di Yogyakarta.

"Kolaborasi ini merupakan bagian dari rangkaian kerja sama Muhammadiyah, LazisMU, dan Danone Indonesia sepanjang Ramadhan ini. Masih Ramadhan, beberapa waktu lalu di Jakarta kami juga menerima bantuan dari Danone Indonesia sebagai Kado Ramadhan untuk dampingan kami di NTT dalam program cegah stunting," katanya.

Sementara itu, Karyanto Wibowo menegaskan bahwa Danone Indonesia melalui AQUA dan Sarihusada terus berkontribusi aktif pada pemberdayaan masyarakat.

"Program pemberdayaan kami melibatkan banyak stakeholder dan mitra. Kolaborasi dengan MPM adalah wujud sinergi yang membawa dampak manfaat kepada masyarakat luas, khususnya warga Yogyakarta. Semoga yang kami lakukan bersama MPM dan LazisMU bisa memberi makna bagi saudara-saudara kita tidak hanya selama Ramadhan ini saja," katanya.

Selama bulan Ramadhan, PP Muhammadiyah bersama Danone Indonesia telah bergerak bersama dengan penyaluran donasi bencana banjir Jawa Tengah melalui MDMC, pembagian Paket Ramadhan ke NTT melalui MPM Muhammadiyah, ditutup dengan Sarasehan Pengolahan Makanan dan Minuman Bergizi dan Buka Bersama dengan Kelompok Rentan Yogyakarta.

Yamin menambahkan bahwa 200 paket dari Danone Indonesia akan disalurkan ke warga Desa Kualin, NTT, tanggal 1 April 2024. "Penyaluran tersebut menyusul 300 paket yang dibagikan kemarin untuk dampingan MPM Muhammadiyah di Desa Tliu, Kecamatan Amunaban, Timor Tengah Selatan, NTT," tutur Yamin.