Jepang bantu Taiwan yang diguncang gempa

id PM Fumio Kishida,Gempa Taiwan,Jepang,bantuan

Jepang bantu Taiwan yang diguncang gempa

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menghadiri KTT ke-26 ASEAN-Jepang di Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Akbar Nugroho Gumay/foc. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Tokyo (ANTARA) - Pemerintah Jepang akan memberikan bantuan kepada Taiwan yang dilanda serangkaian gempa dahsyat pada Rabu, apabila menerima permintaan dari Taipei, kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

"Kami mengetahui laporan tentang kerusakan signifikan di Taiwan. Kami ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus dan berencana memberikan bantuan ke Taiwan segera setelah diminta," kata Kishida seperti dikutip penyiar Jepang TBS.

Pada Rabu pagi serangkaian gempa dahsyat tercatat di lepas pantai Taiwan.

Juru bicara Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa terkuat bermagnitudo 7,7 dan kemudian disusul magnitudo 6,6 dan magnitudo 6,3, menurut data otoritas.

Warganet di X mengunggah video yang memperlihatkan sejumlah bangunan di Taiwan miring dan sebagian hancur.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan kepada awak media bahwa sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa di Jepang.

Dia menambahkan bahwa pemerintah masih mengumpulkan informasi terkait gempa.

Guncangan gempa turut dirasakan di Prefektur Okinawa di Jepang selatan.
.

Sumber: Sputnik



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PM Kishida: Jepang akan bantu Taiwan yang kena gempa jika diminta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024