Warga peroleh edukasi keselamatan transportasi air

id dishub,kobar,keselamatan,angkutan, sungai

Warga peroleh edukasi keselamatan transportasi air

Personel Dishub Kotawaringin Barat, Kalteng melakukan pemasangan spanduk imbauan keselamatan transportasi sungai. (ANTARA/HO-Dishub Kotawaringin Barat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengedukasi masyarakat tentang upaya menjaga keselamatan penggunaan transportasi sungai.

"Edukasi itu kami lakukan untuk meningkatkan keselamatan angkutan sungai. Selain secara langsung juga melalui pemasangan spanduk imbauan keselamatan transportasi sungai," kata Kepala Dishub Kotawaringin Barat Amir Hadi di Pangkalan Bun, Jumat.

Dia mengatakan upaya itu terus dilakukan apalagi saat ini telah masuk masa liburan Hari Raya Idul Fitri sehingga aktivitas masyarakat menggunakan alat transportasi sungai juga meningkat.

Tak hanya aktivitas masyarakat untuk keperluan silaturahim dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, peningkatan aktivitas menggunakan transportasi sungai ini juga untuk keperluan wisata.

Amir menerangkan spanduk edukasi dan imbauan tersebut ditujukan kepada nakhoda/pemilik kapal tradisional, kapal wisata, nelayan, kapal cepat, dan kapal penyeberangan lainnya untuk memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan dalam pelayaran.

"Ini upaya kita bersama dalam menciptakan keselamatan dan keamanan transportasi sungai saat beroperasi atau berlayar untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan," katanya.

Ia menyebut beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu kapal wisata agar beroperasi pada waktu pagi, pukul 06.00 hingga sore, pukul 17.00 WIB.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024