Peran ayah penting dalam pengasuhan anak di Indonesia

id peran ayah dalam pengasuhan anak,pengasuhan anak,tumbuh kembang anak,RUU KIA

Peran ayah penting dalam pengasuhan anak di Indonesia

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan KemenPPPA Rohika Kurniadi Sari (kedua dari kiri) dalam media talk bertajuk "RUU KIA pada Fase 1.000 Hari Pertama Kehidupan Dorong Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak" di Jakarta. (ANTARA/HO-KemenPPPA)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan pada dasarnya ayah tidak hanya berperan sebagai pencari nafkah, tetapi juga memiliki peran penting dalam pengasuhan anak.

"Peran penting sosok ayah diharapkan dapat memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya dalam hal memantau tumbuh kembang mereka," kata Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan KemenPPPA Rohika Kurniadi Sari dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Terkait dengan hal ini, maka Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan harus segera disahkan.

"Karena pada usia 0-2 tahun anak merupakan golden age di mana peran pengasuhan orang tua menjadi sangat penting sebagai indikator tumbuh kembang anak dapat terjamin ke depannya. Bicara soal tanggung jawab pengasuhan merupakan kewajiban bagi orang tua, baik ibu maupun ayah," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KemenPPPA: Peran ayah penting dalam pengasuhan anak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024