UI ukir sejarah kompetisi pemrograman ICPC 2024 di Mesir

id UI,universitas indonesia

UI ukir  sejarah kompetisi pemrograman ICPC 2024 di Mesir

Tim Fasilkom UI dalam ICPC 2023. (ANTARA/HO-Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mengukir prestasi pada kontes pemrograman paling bergengsi di dunia, yaitu International Collegiate Programming Contest (ICPC) 2023 World Finals yang diselenggarakan pada 14–19 April 2024 di Luxor, Mesir.

Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto dalam keterangannya, Sabtu, mengapresiasi prestasi dan kerja keras para mahasiswa dan memberikan ucapan selamat kepada tim UI atas capaian di ajang 2023 ICPC World Finals

Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan penuh dari para civitas akademika Fasilkom UI. Kontribusi nyata yang diberikan ini membuktikan bahwa UI merupakan pusat unggulan bagi pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dengan sumber daya manusia yang kompetitif, tidak hanya di level nasional tetapi juga di level internasional.

UI diwakili oleh tim Stack.py dan Bingung Weh menduduki peringkat 26 dan 36 dari 170 universitas ternama di dunia.



Kedua tim UI yang berkompetisi dalam ICPC 2023 World Finals beranggotakan mahasiswa-mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom).

Tim Stack.py beranggotakan Pikatan Arya Bramajati, Fausta Anugrah Dianparama, dan Hocky Yudhiono.

Sementara tim Bingung Weh diisi oleh Steven Novaryo, Ahmad Haulian Yoga Pratama, dan Budiman Arbenta.

Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D, pembimbing sekaligus pengajar Fasilkom UI mengatakan tim UI sukses menyelesaikan lima permasalahan dari 11 percobaan yang diberikan pada gelaran ICPC World Finals 2023 ke-47.

Sementara pada ajang ICPC World Finals 2023 ke-46, tim UI berhasil menyelesaikan enam dari 11 permasalahan dan menduduki joint rank ke-26.