BRIN tampung sains masyarakat Indonesia untuk visualisasikan danau

id brin,sidanau,portal sidanau,world water forum,danau prioritas nasional

BRIN tampung sains masyarakat Indonesia untuk visualisasikan danau

Arsip foto - Salah satu objek pariwisata di Sumatera Utara, Danau Toba. (ANTARA/Irsan Mulyadi)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka wadah bagi masyarakat untuk memvisualisasikan berbagai danau di Indonesia melalui skema sains warga pada portal sistem informasi danau nasional bernama SIDANAU.
 
Kepala Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN Hidayat di Jakarta, Rabu, mengatakan ada 5.800 danau di seluruh Indonesia yang kalau ditotal bisa seluas Thailand.
 
"Masyarakat bisa berkontribusi dalam pemantauan danau," ujarnya.
 
Hidayat menuturkan SIDANAU akan diluncurkan saat pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali, pada 21 Mei 2024.
 
Para pengguna dapat membuka laman SIDANAU.brin.go.id untuk mencari data dan informasi terkait danau di Indonesia tanpa melakukan login. Namun, kini portal itu belum tersedia pada mesin pencari dan baru akan muncul saat acara peluncuran.

SIDANAU dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam mencari serta berbagi data dan informasi tentang danau di Indonesia. Selain itu, portal juga memfasilitasi kolaborasi dan berbagi pengetahuan antara berbagai pihak.
 
 
Bila ingin berbagi data dan informasi melalui konsep sains warga, maka pengguna perlu mendaftar dan melakukan login pada portal tersebut. Setiap warga dapat berekreasi dan berkontribusi untuk foto danau di seluruh Indonesia.
 
"Harapan kami bisa melingkupi seluruh danau. Kalau untuk sekarang kami prioritaskan di 15 danau karena itu lebih mendesak," kata Hidayat.
 
Portal yang BRIN kembangkan bersama Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional itu berbasis data dari berbagai hasil pengamatan, pengukuran, dan riset yang dilakukan terhadap danau-danau di Indonesia, khususnya 15 danau prioritas nasional.
 
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN wadahi sains warga dalam memvisualisasikan danau di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024