24 ton natrium clorida disebar di Sumbar sejak operasi TMC

id BMKG, teknologi modifikasi cuaca, rekayasa cuaca

24 ton natrium clorida disebar di Sumbar sejak operasi TMC

Petugas bersiap menyebar Natrium Clorida atau NaCl pada operasi teknologi modifikasi cuaca di langit Sumatera Barat. (Antara/HO-Humas BNPB).

Padang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebar 24 ton natrium clorida (NaCl) sejak operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) dilakukan untuk mempercepat penanggulangan bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Sumatera Barat (Sumbar).

"Memasuki hari ke-10 operasi TMC, tim telah menyebar 24 ton natrium clorida di langit Sumatera Barat dengan 24 sorti selama kurun waktu 54 jam 21 menit," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melalui keterangan tertulis yang diterima di Padang, Minggu.



Abdul Muhari mengatakan upaya penanganan darurat banjir lahar dingin dan tanah longsor di wilayah Provinsi Sumbar terus dimaksimalkan pemerintah, termasuk lewat operasi rekayasa cuaca. TMC ditujukan untuk memindahkan bibit-bibit awan hujan ke laut lepas.

Operasi TMC dilaksanakan berdasarkan pertimbangan prakiraan cuaca wilayah di Ranah Minang yang masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BNPB menyiagakan satu unit pesawat caravan PK-SNN sebagai kendaraan operasional yang ditempatkan di Bandara Internasional Minangkabau.
.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB sebar 24 ton natrium clorida sejak operasi TMC di Sumbar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024