Perawatan kulit lansia penderita gangguan ginjal, simak tipsnya

id perawatan kulit lansia, penyakit ginjal, kulit kering

Perawatan kulit lansia penderita gangguan ginjal, simak tipsnya

Ilustrasi lansia. (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Arini Astasari Widodo Sp.DVE mengatakan pada lansia yang mengidap penyakit gangguan ginjal ada kiat khusus untuk menangani permasalahan kulit yang biasanya terjadi karena adanya pembatasan cairan.

Arini mengatakan, orang dengan gangguan ginjal kronis atau Chronic Kidney Disease (CKD) bisa mengalami masalah kulit kering karena dehidrasi akibat harus membatasi cairan. Selain itu juga karena kurangnya komponen minyak dalam kulit seiring bertambah usia.

“Namanya dia kering kulitnya bisa disebabkan dua hal satu dia memang kurang cairan, kedua kurang komponen minyak, itu dua hal yang membuat kulit kering,” kata Arini dalam diskusi daring memperingati Hari Lansia Nasional 2024 yang diikuti di Jakarta, Rabu.



Berkurangnya kelembaban kulit pada lansia juga karena berkurangnya komponen asam hialuronat yang menarik air ke kulit dan kelembaban natural yang juga berkurang seiring bertambahnya usia seperti ceramide dan lipid pada kulit yang berkurang.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberikan hidrasi secara topikal seperti membasuh kulit dengan air dengan lap basah atau water spray.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tips perawatan kulit lansia dengan penyakit gangguan ginjal