Indonesia-Norwegia tekan deforestasi di Taman Nasional Leuser, Sumut

id Tn gunung leuser,Orangutan,Lhk

Indonesia-Norwegia tekan deforestasi di Taman Nasional Leuser, Sumut

Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri), Menkeu Sri Mulyani (tengah) dan Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Andreas Bjelland Eriksen berbincang dalam kunjungan ke TN Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (1/6/2024) (ANTARA/Prisca Triferna)

Kabupaten Langkat, Sumut (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya bersama Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani dan Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Andreas Bjelland Eriksen melakukan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Leuser.   

Dalam kunjungan ke Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada Sabtu siang, Menteri LHK Siti memperlihatkan keindahan wilayah yang masuk dalam wilayah TN Leuser itu dan salah satu satwanya yang paling terkenal yaitu orangutan sumatra (Pongo abelii) kepada Menkeu Sri Mulyani dan Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Andreas.

Menurut pantauan ANTARA, saat kunjungan ketiga menteri tersebut sempat melihat dua individu orangutan yang melompat dari dahan ke dahan di tengah pepohonan yang rimbun di Bukit Lawang.  

Dalam kesempatan itu ketiganya juga sempat merekam podcast di tengah hutan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap 5 Juni.

Kunjungan itu juga memperlihatkan kinerja Indonesia dalam penurunan deforestasi dalam rangka mendukung pencapaian Indonesia's FOLU Net Sink 2030 untuk mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca di sektor kehutanan.  

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri LHK RI dan Norwegia lihat kerja tekan deforestasi di TN Leuser
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024