Indonesia-Jepang jajaki kerja sama industri otomotif

id Menperin,Indonesia Jepang,Industri otomotif

Indonesia-Jepang jajaki kerja sama industri otomotif

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) berbincang dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito pada pertemuan di Tokyo, Jepang, Jumat (21/6/2024). (ANTARA/HO-Kemenperin)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (METI) Ken Saito untuk membahas peningkatan kerja sama sektor industri manufaktur terutama otomotif.

Dalam pertemuan tersebut, dikutip dari siaran pers Kemenperin, Minggu, Agus memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan otomotif Jepang yang hingga kini terus melakukan kegiatannya dengan positif, termasuk melakukan pendalaman struktur dengan melibatkan industri kecil dan menengah dalam ekosistem produksi otomotif Indonesia.

Melihat kondisi positif itu, Agus mendorong peningkatan kerja sama dengan Jepang untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Ia memaparkan peluang besar industri otomotif Jepang untuk berpartisipasi mengisi gap consumption per capita untuk produk otomotif di Indonesia.

“Saat ini rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia adalah 99 mobil per 1.000 penduduk. Saya yakin dalam waktu tidak terlalu lama bisa didorong untuk mencapai 150 mobil per 1.000. Karenanya, saya mengharapkan produk mobil dari Jepang dapat mengisi gap tersebut,” kata Agus dalam pertemuan yang berlangsung di Tokyo, Jumat (21/6) itu.

Selain kerja sama industri otomotif, Menperin juga mendorong peningkatan kerja sama sektor transisi energi, setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bertemu membahas proyek prioritas dalam bidang transisi energi dalam kerangka Asia Zero Emission Community (AZEC) pada Desember 2023 di Jepang.

Kemudian, Agus mendorong penyelesaian perundingan substantif Protokol Perubahan Indonesia–Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Saat ini, dalam kerangka IJEPA, kedua negara sudah menyelesaikan perundingan substantif Protokol Perubahan IJEPA.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menperin jajaki peningkatan kerja sama industri otomotif dengan Jepang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024