RI berpotensi menjadi negara adidaya energi hijau

id energi hijau,energi terbarukan,schneider electric

RI berpotensi menjadi negara adidaya energi hijau

Cluster President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste  Martin Setiawan (Antara/HO/Schneider electric)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam berupa sinar matahari, angin, dan air yang melimpah dinilai berpotensi menjadi negara adidaya energi hijau atau energi yang dihasilkan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara adidaya energi hijau," ujar Cluster President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste Martin Setiawan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pengelolaan sumber daya yang tepat dengan prinsip-prinsip berkelanjutan, elektrifikasi, serta penerapan teknologi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi adalah faktor-faktor penting dalam merealisasikan potensi tersebut.



Ia mengatakan pihaknya siap meningkatkan kemitraan dengan pemerintah dan pelaku industri dalam menyediakan solusi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan.

"Kami berkomitmen untuk menjadi mitra Indonesia dalam menapaki dimensi baru sektor kelistrikan hijau dan industri hijau," katanya.

 Martin juga menekankan komitmen keberlanjutan dan sirkularitas sebagai pondasi perusahaan dalam menjalankan operasionalnya, yang akan terus dikembangkan di masa mendatang.

Dia mencontohkan seluruh pabrik Schneider Electric (SE) di Batam dan Cikarang telah bertransformasi menjadi smart factory dengan teknologi sendiri, dan telah merasakan dampak positif yang diberikan dari transformasi tersebut.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia dinilai berpotensi besar jadi negara adidaya energi hijau