KRI REM-331 latihan di pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Hawaii

id Latma Rimpac 2024,KRI REM-331,TNI AL,TNI Angkatan Laut,latihan TNI AL

KRI REM-331 latihan di pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Hawaii

Komandan Satgas Gabungan Latma Rimpac 2024 Laksamana Madya John Wade membuka sesi latihan di Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (27/6/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.

Jakarta (ANTARA) - Kapal perang Indonesia KRI Raden Eddy Martadinata-331 (REM-331) memulai rangkaian latihan fase pangkalan (harbour phase) Latihan Bersama Rim of Pacific (Latma Rimpac) 2024 di Pangkalan Angkatan Laut AS, Pearl Harbour, Hawaii, sampai 10 Juli.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, menjelaskan KRI REM-331 bersama kapal-kapal perang dari negara peserta bakal lanjut latihan peperangan laut di perairan sekitar Pearl Harbour, Hawaii, pada 11 Juli-2 Agustus.

Komandan Satuan Tugas Gabungan Latma Rimpac 2024 Laksamana Madya John Wade secara resmi membuka Latma Rimpac dalam upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan sesi pengarahan di Ford Island Conference Center, Pearl Harbour, Hawaii, AS (28/6).

Dalam sesi pengarahan itu, yang diikuti Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S dan Komandan Unit Marinir TNI AL untuk Latma Rimpac 2024 Mayor Marinir Lukman Susanto, John Wade, yang merupakan perwira tinggi Angkatan Laut AS, menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang bakal diikuti para peserta selama latihan fase pangkalan dan fase laut.

Untuk latihan fase pangkalan, yang berlangsung sejak Kamis (27/6) sampai 10 Juli, para peserta mengikuti kegiatan-kegiatan seperti acara penyambutan (national reception), ajang kesenian, dan turnamen olahraga.

Pada fase laut, John Wade melanjutkan kapal-kapal perang dari berbagai negara bakal latihan peperangan laut, yang materinya mencakup bantuan tembakan ke darat (NSFS Rodeo), latihan pertahanan udara (RaidEx), latihan anti-kapal selam (CasEx), latihan mengisi perbekalan di laut, latihan keamanan laut (VBSS, MSOEX), kemudian latihan pertahanan udara, latihan tembakan permukaan (GunEx), latihan formasi untuk foto udara (PhotoEx), dan latihan tempur dalam simulasi menghadapi lawan (OPFOR).

Kapal-kapal perang dari berbagai negara itu bakal berlatih di laut selama 3 minggu penuh tanpa sandar ke pangkalan.

 
Komandan Satgas Latma Rimpac 2024 yang juga Komandan KRI Raden Eddy Martadinata Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S (tengah)
mengikuti acara pembukaan Latma Rimpac 2024 di Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (27/6/2024).
ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KRI REM-331 mulai latihan di pangkalan Angkatan Laut AS di Hawaii
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024