Sukses ciptakan tempat kerja nyaman, Grup ABM raih dua penghargaan

id abm

Sukses ciptakan tempat kerja nyaman, Grup ABM raih dua penghargaan

Kiri-kanan: Feriwan Sinatra (Direktur PT ABM Investama Tbk.), Yul F. Rusli (Direktur CK), Meidi Wibowo (President Director CK), Haris Mustarto (Direktur PT ABM Investama Tbk). (ANTARA/HO-ABM)

Yogyakarta (ANTARA) -
Survei yang dirilis oleh International Labour Organization (ILO) 2022 menyebutkan, 63 persen pekerja merasa cemas dan mengalami gangguan mental lantaran tidak nyaman berada di lingkungan kerja.

Melihat hal tersebut, PT ABM Investama Tbk (ABMM) secara konsisten aktif memberikan pelatihan dan pengembangan skill kepada karyawan agar mereka selalu terhubung dengan perusahaan. Dengan begitu, karyawan yang bekerja di perusahaan merasa betah dan nyaman.

Berkat konsistensinya dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, Grup ABM kembali menyabet penghargaan berskala internasional. Melalui kedua anak usahanya, yakni PT Cipta Kridatama (CK) dan PT Sanggar Sarana Baja (SSB), tahun ini Grup ABM dianugerahi Best Employers 2023 dan Most Engaged Workplace 2023 oleh Kincentric.

Penghargaan yang diboyong CK untuk kategori Best Employers 2023 dan Most Engaged Workplace 2023 menjadi tahun kedua setelah sebelumnya sukses mendapatkan penghargaan serupa pada 2020. Hal ini menjadi bukti komitmen  perusahaan  dalam menciptakan tempat kerja yang kondusif guna meningkatkan kualitas SDM dan bisnis Perseroan.

"Alhamdulillah ini kali kedua CK mendapatkan award dari Kincentric. Penghargaan yang diterima sebagai apresiasi kepada kita semua  dalam menciptakan tempat kerja yang kondusif secara berkelanjutan. Hal ini menunjukkan kalau engagement perusahaan bagus karena terlahir dari tim yang besar dan solid," ujar Direktur PT ABM Investama Tbk (ABMM) Feriwan Sinatra, Kamis.

Dengan pencapaian tersebut, sambung Feriwan, perusahaan secara berkala konsisten untuk menjalankan program peningkatan SDM secara berkelanjutan. Sebab menurutnya, SDM yang unggul menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif sekaligus suasana kerja yang nyaman.

Dia pun berharap, ke depan Grup ABM bisa terus mencetak SDM unggul melalui pemberian fasilitas pelatihan dan sertifikasi yang memadai untuk karyawannya. “Harapan dari saya kami, award yang kedua ini bisa menjadi cambuk untuk kita bagaimana terus lebih baik lagi. Kita itu teamwork yang bagus, sehingga dengan super tim itu, bisnis kita selalu berhasil dan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Presiden Direktur CK Meidi Wibowo menuturkan, penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen perusahaan dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman dan produktif. ”Kami memahami pentingnya talent di perusahaan sehingga selalu berusaha menciptakan komunikasi dua arah. Hasil memuaskan di Employee Engagement Survey  2023 selaras dengan performance bisnis yang bagus dan ke depanya perlu ditingkatkan,” tutur Meidi. 

Meidi menambahkan, bisnis yang baik terlahir dari SDM yang cerdas dan berkualitas. Tak ayal, pihaknya senantiasa peduli terhadap kualitas dan kondisi talent agar dapat memeprtahankan sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan. ”Tahun ini menjadi peluang untuk menciptakan kolaborasi yang lebih baik lagi antara perusahaan dan karyawan,” kata Meidi.

Tak hanya CK, tahun ini SSB turut meraih penghargaan Most Engaged Workplace 2023 lantaran dalam tiga tahun terakhir anak usaha ABM ini mencatatkan adanya peningkatan Employee Engagement Survey (EES) yang jumlahnya di tahun 2023 mencapai engagement rate sebesar 89 persen. Dibandingkan tahun lalu, nilai tersebut meningkat empat persen sehingga menjadi nilai tinggi yang melampaui nilai rata-rata di industri pada umumnya.

Direktur SSB Johan Budisusetija menyampaikan, SSB berhasil membuktikan perannya sebagai salah satu perusahaan yang unggul dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Hal ini sejalan dengan misi perusahaan yang secara berkesinambungan menciptakan lapangan kerja bermakna dan menantang bagi masyarakat Indonesia, dan Johan mengapresiasi bahwa pencapaian atas penghargaan ini tidak lepas dari upaya bersama seluruh karyawan SSB, sehingga SSB semakin baik di masa depan.

"Penghargaan yang diterima tersebut menjadi pengakuan bahwa kami mampu memberikan pengalaman kerja terbaik selama bekerja di lingkungan ABM Group. Ini sekaligus menjadi bukti komitmen manajemen terhadap seluruh karyawan untuk membangun budaya kerja yang positif dan bersinergi agar dapat mengembangkan sekaligus mendorong potensi-potensi terbaik seluruh insan Grup ABM," ujar Johan.

Johan mengamini lingkungan kerja yang nyaman membuat karyawan Grup ABM senantiasa terhubung dan terinspirasi untuk melakukan berbagai kegiatan yang memicu produktivitas perusahaan. Dia pun terus mendorong talenta karyawan agar kerap mengasah kemampuannya guna mengembangkan skill dan nilai perusahaan.