Wamenparekraf sebut perayaan Matariki dongkrak hubungan diplomatik RI-Selandia Baru

id Matariki, tahun baru Maori, angela tanoesoedibjo, wamenparekraf

Wamenparekraf sebut perayaan Matariki dongkrak hubungan diplomatik RI-Selandia Baru

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo pada acara Māori Diplomatic Reception di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta. ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Tahun Baru Mori atau dikenal dengan Matariki yang pertama kali digelar di Jakarta menjadi momentum memperkuat hubungan diplomatik sekaligus persahabatan antara Indonesia dengan Selandia Baru.
 
Wamenparekraf Angela dalam dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan, kedua negara telah menjalin hubungan yang didasarkan pada kerja sama yang saling menghormati dan komitmen bersama untuk kesejahteraan dan perdamaian global, mulai dari kemitraan perdagangan dan ekonomi hingga pertukaran budaya dan pemeliharaan lingkungan.
 
“Saya sangat berharap Tahun Baru Mori jadi momentum untuk dapat menjalin ikatan persahabatan dan kerja sama yang lebih erat antara kedua negara di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Angela.
 
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, lanjut dia, telah menjadi penggerak ekonomi utama secara global dan memainkan peran penting dalam memelihara budaya dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
 
Selandia Baru contohnya, negara ini adalah tempat industri kreatif dan sektor pariwisata berintegrasi secara harmonis, yang pada akhirnya menjadi magnet wisatawan dari berbagai belahan dunia.
 
“Kita semua tahu bahwa salah satu pencapaian sinematik paling menonjol sepanjang masa adalah Lord of The Rings yang difilmkan di Selandia Baru. Dan menarik wisatawan secara global," ujarnya.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamenparekraf: Matariki perkuat hubungan diplomatik RI-Selandia Baru
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024