Kemendikbudristek diminta petakan lulusan OSN di Indonesia

id osn,olimpiade sains,kemendikbudristek,anggota dpr,komisi X dpr ri,osn 2024

Kemendikbudristek diminta petakan lulusan OSN di Indonesia

Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan memberikan sambutan pada pembukaan OSN 2024 di Jakarta pada Selasa (6/8/2024). (ANTARA/HO-BKHM Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) agar berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait guna memetakan para lulusan Olimpiade Sains Nasional (OSN).
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kemendikbudristek di Jakarta pada Rabu, Putra mengatakan para lulusan OSN sejak penyelenggaraannya pada tahun 2003 harus memiliki dampak positif yang berkesinambungan dan bermanfaat luas bagi masyarakat Indonesia.
 
“Tantangan kedepannya adalah orientasi hasil dari gelaran OSN harus berdasarkan outcome. Misalnya adalah sudah berapa banyak lapangan pekerjaan yang dibuka oleh para lulusan OSN. Untuk itu penting bagi Kemendikbudristek dan semua pihak untuk berkontribusi menjaga kompetensi talenta muda ini dan memberikan kemampuan soft skills untuk bekal mereka di masa depan,” kata Putra.
 
 
Ia pun menilai para pemenang dan peserta OSN harus memiliki kemampuan tersebut, terutama pada aspek komunikasi, gotong royong, dan kolaborasi.
 
Menurutnya, selain kompetensi sains, talenta muda Indonesia juga harus memiliki soft skills yang baik karena akan memudahkan mereka untuk mengembangkan dan bekerja sama membangun Indonesia pada masa depan.
 
“Gelaran OSN diharapkan mampu menghasilkan para talenta muda Indonesia yang nantinya akan membangun negeri dan kota kelahirannya di masa mendatang. Kompetensi yang dimiliki para talenta muda ini harus terus dijaga dan dikembangkan agar mereka bukan hanya meraih medali, melainkan melahirkan inovasi untuk pembangunan Indonesia,” imbuhnya.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota DPR minta Kemendikbudristek kolaborasi petakan lulusan OSN 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024