TNI AU menggelar Semarak Dirgantara 2024 di Pantai Depok Parangtritis

id Semarak Dirgantara ,Pantai Parangtritis ,Dukung pariwisata

TNI AU menggelar Semarak Dirgantara 2024 di Pantai Depok Parangtritis

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - TNI Angkatan Udara bakal menggelar kegiatan Semarak Dirgantara pada 28 hingga 29 September 2024 di wilayah Pantai Depok, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menerima audiensi dari perwakilan TNI AU di Bantul, DIY, Kamis mengatakan, menyambut baik gelaran Semarak Dirgantara yang akan dilaksanakan di kawasan pantai selatan daerah ini.

"Pemkab Bantul menyambut baik rencana Semarak Dirgantara. Kami siap mendukung gelaran tersebut, dan semoga nantinya berjalan dengan baik dan lancar. Masyarakat Bantul menunggu Semarak Dirgantara ini dengan sukacita," katanya.

Menurut dia, sebagai salah satu kabupaten di DIY yang berada di ujung selatan, Bantul memiliki pantai yang membentang sepanjang 13 kilometer, dengan berbagai kekayaan objek wisata laut.

Dia mengatakan, sektor pariwisata di Bantul juga menempati peringkat ketiga dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), setelah industri kreatif dan pertanian.

"Dengan adanya Semarak Dirgantara tersebut diharapkan akan semakin meramaikan pariwisata di Bantul," katanya.

Sementara itu, Wakil Asisten Potensi Dirgantara KASAU Marsekal Pertama TNI Agus Priyanto mengatakan, kegiatan Semarak Dirgantara akan diawali dengan Kirab Drum Band pada 7 September 2024 di Lapangan Trirenggo hingga Alun-Alun Paseban, Kabupaten Bantul.

Sedangkan pada 28 dan 29 September akan ada berbagai kegiatan di Pantai Depok, meliputi demo olahraga dirgantara, pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), panggung hiburan, dan berbagai acara menarik wisatawan lainnya.

"Mohon semua pihak untuk berkolaborasi menyukseskan acara Semarak Dirgantara. Harapannya, kegiatan tersebut dapat berdampak bagi perekonomian dan pariwisata, serta menjadi cikal bakal aero wisata di Kabupaten Bantul," katanya.