Bantul kukuhkan Agen Keselamatan kampanyekan tertib lalu lintas

id Agen Keselamatan ,Kampanye tertib lalulintas ,Semarak Dirgantara ,Hari Perhubungan

Bantul kukuhkan Agen Keselamatan kampanyekan tertib lalu lintas

Pengukuhan Agen Keselamatan Kabupaten Bantul mengawali atraksi Marching Band Gita Dirgantara di Lapangan Trirenggo Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Sabtu (7/9/2024) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta mengukuhkan perwakilan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dan Himpunan Pendidik dan Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Bantul sebagai Agen Keselamatan untuk mengampanyekan tertib dalam berlalu lintas.

"Dengan dikukuhkannya Agen Keselamatan Bantul yang memiliki peran strategis ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran warga masyarakat dalam menjaga keselamatan saat berkendara sedini mungkin," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada pengukuhan Agen Keselamatan di Lapangan Trirenggo Bantul, Sabtu.

Pengukuhan Agen Keselamatan Bantul dalam menyambut Hari Perhubungan Nasional ke-53 ini mengawali atraksi Marching Band Gita Dirgantara dari Akademi Angkatan Udara (AAU) TNI AU sebagai bagian dari Semarak Dirgantara 2024 yang akan dilaksanakan di Pantai Depok Bantul pada 28-29 September mendatang.

Bupati Halim mengatakan sepanjang sejarah 53 tahun sektor perhubungan di Indonesia, perkembangan transportasi telah ikut mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat Indonesia.

"Namun di sisi lain, tingginya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, masih menjadi tantangan tersendiri yang perlu kita pecahkan bersama," katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak momentum peringatan ini untuk mengedepankan pentingnya keselamatan berkendara dan mengoptimalkan penggunaan transportasi umum. Semua pihak agar lebih meningkatkan kesadaran pentingnya berkendara yang aman dan saling menghargai sesama pengguna jalan.

"Ayo taati peraturan lalu lintas, gunakan helm dan sabuk pengaman dengan benar. Siapkan kelaikan jalan kendaraan, jaga kesehatan dan lengkapi surat-surat sebelum jalan dan jaga kecepatan kendaraan anda," katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengapresiasi sinergisitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dengan jajaran TNI AU, yang dalam hal ini dikuatkan dengan dipilih Kabupaten Bantul sebagai pusat pelaksanaan Semarak Dirgantara 2024.

Pawai Marching Band yang diikuti tidak kurang dari 200 taruna dan taruni AAU tersebut disambut antusiasme masyarakat Bantul dan sekitarnya yang memadati sepanjang jalan dari Lapangan Trirenggo hingga Lapangan Paseban guna menyaksikan atraksi tersebut.