Tanah amblas di Lampihong, dua rumah warga ambruk

id pemkab balangan, berita kalsel,tanah amblkas, amblas, hujan deras, hujan

Tanah amblas di Lampihong, dua rumah warga ambruk

Sejumlah warga dan pihak berwajib saat mengevakuasi rumah warga yang terkena musibah tanah amblas di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Rabu (25/9/2024). ANTARA/ragil darmawan

Paringin, Kalsel (ANTARA) - Tanah amblas di bantaran sungai di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menyebabkan 11 rumah milik warga terdampak, dua di antaranya ambruk dan tidak ada korban jiwa.

“Hujan deras tadi malam menimbulkan bencana tanah amblas di wilayah Lampihong yang membuat rumah warga ambruk, kejadian pertama terjadi pada dini hari dan yang kedua pada pagi hari,” kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi kepada ANTARA di Paringin, Rabu.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan menuturkan keretakan tanah yang panjangnya mencapai kurang lebih 35 meter dengan lebar kurang lebih 20 meter dan tinggi delapan meter.

Rahmi menyebutkan tanah amblas tersebut menyebabkan dua dari 11 rumah warga yang terdampak ambruk total, empat ambruk 50 persen dan lima sisanya hanya terdampak.

Saat ini, ujar Rahmi, pihaknya bersama warga dan pihak berwajib telah melakukan evakuasi dan menyelamatkan benda atau barang-barang milik warga yang rumahnya terdampak akibat tanah amblas.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024