Heha Ocean View berdayakan 80 persen warga lokal

id heha ocean view

Heha Ocean View berdayakan 80 persen warga lokal

Destinasi wisata Heha Ocean View Gunungkidul, Daerah Istimewa, Yogyakarta (ANTARA/HO-HOV)

Yogyakarta (ANTARA) - Heha Ocean View Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memberdayakan sekitar 80 persen warga lokal dengan menjadikan karyawan di destinasi wisata tersebut

Para karyawan lokal itu berasal dari sejumlah wilayah di sekitar tempat wisata tersebut seperti warga Girikarta, Panggang, Saptosari, dan Purwosari. Sementara sisanya berasal dari luar kawasan wisata seperti Jakarta, Surabaya dan beberapa kota lain di sekitar Yogyakarta.

Sales Executive Heha Ocean View  Dio Arlianto mengatakan, warga lokal yang digaet pihaknya berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sarjana yang kesemuanya direkrut secara berkala. 

"Saya adalah warga lokal yang mana warga lokal di sini itu banyak dijadikan karyawan Heha Ocean View, sekitar 80 persen," kata Dio.

Dio mengeklaim, masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran tempat wisata tersebut, sebab selain membuka lapangan pekerjaan baru, kehadiran Heha Ocean View juga mampu mengerek ekonomi warga lewat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus menggeliat setiap harinya seiring bertambahnya pengunjung tempat wisata tersebut.

"Kalau untuk ekonomi masyarakat sekitar pastinya sangat membantu, di parkiran bawah itu sudah banyak membuka lahan untuk pedagang kaki lima yang bisa berjualan di tempat tersebut," ujarnya.

Selain itu, kehadiran Heha Ocean View juga membuka usaha operator shuttle di luar area Heha Ocean View yang berfungsi mengangkut para pengunjung yang datang menggunakan bus.

"Dari depan itu, dari CLS itu juga banyak operator shuttle, karena bus besar belum bisa masuk ke daerah kita, sehingga operator shuttle itu akan kedatangan tamu juga mendapat pendapatan dari situ," tuturnya.

Tempat wisata yang beralamat di Kelurahan Girikarto Gunungkidul itu kini menjadi magnet wisata baru di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta kendati tempat itu baru beroperasi pada 2021 lalu. 

Heha Ocean View menjadi destinasi wisata baru yang langsung melejit lantaran menawarkan konsep wisata yang berbeda yakni panorama laut lepas dari ketinggian perbukitan di pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penggabungan keindahan laut dengan konsep bangunan yang bikin Heha Ocean View menjadi salah satu tempat wisata paling diminati. Destinasi wisata ini menjadi lebih menarik lagi saat para pengelola menyiapkan sejumlah spot foto yang instagramable.