Pemkab Gunung Kidul prioritaskan pengembangan sektor pariwisata

id Gunung Kidul

Pemkab Gunung Kidul prioritaskan pengembangan sektor pariwisata

Icon Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah Gunung Kidul 2018.

"Hal itu dalam rangka mewujudkan daerah tujuan wisata terkemuka dan berbudaya pada 2021," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Kidul Drajat Ruswandono di Gunung Kidul, Sabtu.

Ia mengatakan pada tahun kedua Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gunung Kidul diharapkan seluruh lini fokus ke pariwisata.

Meskipun demikian, kata dia, sektor lain tetap diperhatikan, seperti penanggulangan kemiskinan dan pemenuhan kebutuhan pendidikan dan akses kesehatan untuk masyarakat Gunung Kidul.

"Meskipun fokus ke sektor pariwisata, kami tidak akan menganaktirikan sektor lain," katanya.

Drajat mengatakan Pemkab Gunung Kidul segera mengambil langkah strategis untuk mewujudkan di antaranya, membangun infrastruktuir pendukung pariwisata.

"Langkah-langkah yang akan kami tempuh di antaranya dengan pembangunan infrastruktur, penyusunan `masterplan`, termasuk pemasaran dan promosi wisata," katanya.

Ia mengemukakan beberapa pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan antara lain pembangunan jalan yang menghubungkan Sleman dan Gunung Kidul yang diharapkan dapat membuka lebih banyak akses demi mendukung pariwisata Gunung Kidul.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan sektor pariwisata yang menjadi prioritas untuk dibangun. Ia berharap sektor-sektor lain agar dapat memprioritaskan program dan kegiatan yang lebih sepesifik dan mengarah dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata.

"Pariwisata diharapkan menjadi penggerak pembangunan perekonomian masyarakat Gunung Kidul," katanya.

(KR-STR)