Sleman (Antara Jogja) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan air minum dalam kemasan bermerek "Daxu", Sabtu, untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

Direktur PDAM Kabupaten Sleman Dwi Nurwanta mengatakan bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) yang diberi merek Daxu tersebut ditargetkan memproduksi 20 hingga 25 ribu karton pada produksi tahun pertama.

"Kami memproduksi empat jenis AMDK yaitu cup, botol ukuran 330ml dan 600 ml, serta galon. Produksi kemasan cup dan botol 330ml yang kami pasarkan dalam karton isi 48 cup, sementara untuk lingkungan sendiri," katanya.

Menurut dia, untuk pemasaran rencananya dalam jangka waktu satu hingga dua tahun ke depan masih di lingkup lokal Kabupaten Sleman, namun tidak menutup kemungkinan jika permintaan pasar meningkat PDAM akan meningkatkan produksi dan melakukan ekspansi keluar wilayah Kabupaten Sleman.

"Kami berharap proses perizinan selesai tahun depan. Sementara kami hanya memproduksi cup dan botol karena kedua produk tersebut potensial dipasarkan di lingkup instansi Pemkab Sleman. Untuk kemasan galon akan kami produksi tahun depan," katanya.

Ia mengatakan persaingan yang semakin ketat dari merek lain dalam bisnis air mineral tidak menjadi ancaman karena hadirnya "Daxu" sebagai merek baru air mineral kemasan di tengah masyarakat merupakan bentuk sinergi pemenuhan kebutuhan air minum yang semakin meningkat sehingga masyarakat secara fleksibel bebas memilih brand air kemasan yang tersedia saat ini.

"Namun kami yakin dengan harga, kualitas, dan pelayanan yang kompetitif didukung dengan jumlah pelanggan PDAM Sleman mencapai 30.547 unit terdiri dari instansi, rumah tangga, kran umum, dan sosial yang tersebar di 16 Kecamatan se Kabupaten Sleman, produk air kemasan tersebut dapat diterima masyarakat," katanya.

Dwi mengatakan produk AMDK "Daxu" hadir sebagai mitra bagi merek yang sudah ada di pasaran sebagai upaya pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat.

Bupati Sleman Sri Purnomo yang hadir secara langsung dan meluncurkan produk baru PDAM tersebut menyampaikan bahwa pemilihan nama "Daxu" sebagai merek air kemasan bukan tanpa alasan.

"Merek `Daxu` tersebut merupakan kepanjangan `Dari Air Kaliurang` dan sumber air yang digunakan memang diambil dari wilayah Kaliurang. Harapannya dengan nama tersebut bisa mendukung branding Kabupaten Sleman karena Kaliurang berada di wilayah Sleman. Ke depan kami juga akan mendukung langkah PDAM dalam pemasaran air kemasan ini di lingkup Pemkab Sleman," katanya.

Dalam acara "soft launching" tersebut juga diadakan acara jalan santai dan pemberian bantuan bibit pohon kepada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.
V001

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024